ADVERTISEMENT

Kulit Pisang Bisa Diolah Jadi Daging Babi Vegan, Begini Caranya!

Devi Setya - detikFood
Selasa, 18 Jan 2022 18:00 WIB
burger vegan
Foto: Getty Images/iStockphoto/nitrub
Jakarta -

Banyak alternatif bahan nabati yang bisa diolah menjadi daging vegetarian. Salah satunya kulit pisang yang ternyata bisa diracik menjadi daging babi vegan.

Ketika menyantap pisang, hampir seluruh orang akan langsung membuang bagian kulitnya. Padahal kulit pisang merupakan sumber serat yang bisa diolah menjadi makanan enak. Salah satu kreasi kulit pisang adalah olahan daging babi vegan

Dilansir dari Independent (18/1) seorang penulis buku masak 'One Pound Meal', Miguel Barclay, membuat kulit pisang menjadi makanan enak. Awalnya ia melihat dari internet bagaimana cara mengolah kulit pisang, sampai akhirnya ia justru menemukan resep yang pas untuk olahan kulit pisang.

Praktis! Bersihkan Perlatan Masak Dengan Kulit Pisang hingga KentangKulit pisang Foto: Istock

"Saya melihat orang memasak dengan kulit pisang di internet dan saya tertarik - ternyata sebenarnya cukup enak jika menyiapkannya dengan cara yang benar," kata Miguel Barclay.

Barclay juga mengatakan daging babi vegan buatannya ini punya rasa enak dan bisa dibuat dari bahan utama yang sebenarnya selalu dibuang oleh orang. "Kulit pisang pasti sesuatu yang biasanya saya buang, jadi secara teknis ini adalah makanan gratis."

Untuk membuat daging babi vegan ini, bahan yang dibutuhkan antara lain kulit pisang, jintan, paprika, gula merah, saus tomat, roti, minyak zaitun dan garam. Proses pembuatannya pun cukup mudah. Berikut resep dan cara membuat daging babi vegan berbahan kulit pisang.

Bahan:
1 kulit pisang
1 sdt jinten
1 sdt paprika bubuk
1 sdt gula merah
3 sdm saus tomat
1 roti burger
Selada secukupnya
Minyak zaitun, secukupnya
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Hancurkan kulit pisang menggunakan garpu, lalu goreng dengan sedikit minyak zaitun di atas api sedang selama sekitar lima menit

2. Tambahkan sedikit garam, jinten, paprika dan gula. Masak selama 30 detik lalu tambahkan saus tomat dan masak kembali sampai kental dan berwarna kecoklatan

3. Angkat dan sajikan sebagai isian roti burger. Lengkapi juga dengan irisan selada.

Jika tak terbiasa mengolah kulit pisang, kamu bisa memanfaatkan bahan nabati lainnya yang juga bisa diolah menjadi daging babi vegan. Banyak bahan yang punya tekstur mirip daging babi, seperti misalnya nangka muda dan jamur tiram.

Tak Mengandung Babi, Daging Babi Vegan Tak Bisa Mendapat Sertifikat HalalDaging vegetarian Foto: Getty Images/iStockphoto/Aamulya


Dilansir dari Live Kindly (18/1) ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengganti daging babi dengan bahan nabati. Jika memilih bahan dan proses pemasakan yang tepat maka kamu bisa memiliki tekstur makanan yang mirip dengan daging babi suwir.

Kamu bisa menggunakan seitan, sejenis daging nabati yang terbuat dari gluten gandum. Bahan ini memiliki tekstur yang empuk juicy mirip daging, banyak vegetarian yang menyantap seitan saat mengobati rasa rindu pada olahan daging.

Selain itu, kacang lentil yang diolah dan dibumbui dengan benar, dapat menggantikan daging babi giling. Demikian pula halnya dengan nangka muda, buah subtropis yang populer dijadikan masakan Asia Tenggara. Nangka memiliki tekstur daging yang sangat mirip daging babi dan bisa disajikan dengan saus bbq.

Iga babi vegan juga bisa dibuat dari seitan, daging nabati yang berasal dari gluten gandum. Diolesi dengan saus barbekyu, iga babi vegan ini siap jadi santapan lezat. Seitan juga mudah dijumpai di toko bahan makanan. Seitan bukan hanya enak tapi juga tinggi nutrisi.

Dalam 100 gram seitan terkandung 370 kalori; 1,9 gram lemak; 0 mg kolesterol; 14 gram karbohidrat dan 75 gram protein. Tak heran kalau banyak vegetarian yang mengolah makanan ini sebagai pengganti daging.



Simak Video "Adu Rasa 3 Burger Rp 20 Ribuan, Mana yang Paling Enak?"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT