Makan Enak di Pusat Grosir

Selain Beli Baju hingga Elektronik, Bisa Jajan Enak di Pusat Grosir Jakarta

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 17 Jan 2022 17:30 WIB
Selain Beli Baju hingga Elektronik, Bisa Jajan Enak di Pusat Grosir Jakarta Foto: Instagram mr_kebooo
Jakarta -

Pusat belanja berkonsep ITC masih eksis hingga kini. Selain belanja baju, aksesoris, hingga barang elektronik, kamu bisa jajan enak di area ITC. Pilihan makanannya pun banyak!

International Trade Center (ITC) sempat 'booming' di tahun 2000-an. ITC didirikan di berbagai lokasi di Jakarta dan sekitarnya untuk menawarkan konsep belanja yang berbeda dari mall. Harga barangnya lebih terjangkau.

Kios-kios mungil yang ada di ITC biasanya menawarkan barang serupa (homogen). Misalnya ITC Mangga Dua di Jakarta Utara yang terkenal sebagai 'pusatnya' tekstil, souvenir, dan ragam aksesoris.

Lalu ada ITC Kuningan di Jakarta Selatan yang banyak menjual barang fashion, dari anak-anak sampai orang dewasa. Lokasinya berdekatan dengan Mal Ambassador yang terkenal sebagai kumpulan kios gadget dan aksesorisnya.

Selain Beli Baju hingga Elektronik, Bisa Jajan Enak di Pusat Grosir JakartaSuasana di salah satu ITC di Jakarta yang menjual barang fashion anak hingga orang dewasa Foto: detikcom

Melipir ke Jakarta Pusat, ada Tanah Abang dan Thamrin City yang merupakan pusat belanja favorit ibu-ibu. Kedua tempat ini menawarkan barang yang beragam, namun didominasi baju, tekstil, dan barang fashion lainnya.

Kehadiran ITC seolah jadi alternatif tempat belanja yang murah dan lengkap di tengah area 'mahal' Jakarta. Menariknya, kamu tak sekadar bisa puas belanja di ITC, tapi juga mencicipi beragam jajanan enak.

Pasalnya di hampir tiap ITC dan pusat belanja, disediakan kios makanan untuk melayani para pemilik kios, pegawai kios, hingga pengunjung yang mau makan saat di ITC. Tak jarang, keberadaan kios makanan di ITC ini malah jadi terkenal.

Sebut saja Kantin IE Suan di ITC Mangga Dua Lantai 4. Kantin ini menarik perhatian pengunjung ITC dan foodies secara umum karena sosok penjual dan menu yang ditawarkannya.

Potret penjual kantin IE Suan di ITC Mangga Dua yang viral karena dandanannyaPotret penjual kantin IE Suan di ITC Mangga Dua yang viral karena dandanannya Foto: Instagram olivta_analog

Penjualnya adalah seorang ibu yang berdandan 'cetar' saat melayani pembeli. Ia mengenakan bulu mata tebal dan lentik, membuat sanggul tinggi di rambutnya, hingga menggambar alis melengkung sehingga tampak mencolok.

Kantin IE Suan tawarkan aneka jajanan dan makanan khas Pontianak. Semua menunya menarik selera seperti ngohiong, talas goreng, siomay ayam, choipan, talam ebi, hingga jajanan manis seperti bugis mandi dan srikaya ketan.

Lalu ada juga deretan makanan Manado enak yang dijajakan di food court Mal Ambassador. Meski menjajakan menu serupa, namun tiap kios makanan Manado ini seolah sudah punya pelanggan masing-masing.

Di sebelahnya, ITC Kuningan, juga ada kios makanan kekinian dan lebih beragam. Jenis makanannya sushi, makanan khas Makassar, Thailand, hingga gerai olahan babi kekinian.

Selain Beli Baju hingga Elektronik, Bisa Jajan Enak di Pusat Grosir JakartaDi ITC Kuningan ada Don Bakeshop yang deretan pastry-nya terkenal enak Foto: Instagram donbakeshop

Tak ketinggalan jajanan manis dan gurih yang ada di ITC Kuningan. Salah satunya Don Bakeshop yang viral di media sosial. Gerai bakery mungil ini menyajikan croissant dan aneka pastry enak lainnya dengan harga terjangkau.

Bagaimana dengan di Tanah Abang dan Thamrin City? Sebagian besar ibu-ibu sudah paham betul makanan apa saja yang ada di sini. Kebanyakan berupa makanan berat yang bisa mengenyangkan perut usai lelah belanja mengitari area yang sangat luas.

Selain Beli Baju hingga Elektronik, Bisa Jajan Enak di Pusat Grosir JakartaJadi favorit para pengunjung pasar Tanah Abang, inilah Alam Sunda yang tawarkan nasi plus lauk pauk goreng khas Cianjur Foto: Instagram alamsundatanahabang

Oh ya, membicarakan makanan enak di pusat belanja ITC juga tak bisa meninggalkan ITC lain yang terkenal. Sebut saja ITC Cempaka Mas, ITC Permata Hijau, dan ITC Fatmawati yang juga diisi oleh beragam kios makanan.

Pada ulasan pekan ini, detikfood bakal mengupas rekomendasi jajanan enak di ITC dan pusat belanja grosir lainnya. Tak hanya tempatnya, tapi juga menu yang layak dicoba.

Ada juga kisah-kisah menarik dari beberapa penjual dan menu yang disajikan. Supaya tak ketinggalan informasinya, simak terus ulasan detikfood pekan ini.



Simak Video "Berburu Jajanan Enak di ITC Kuningan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com