Jika Lapar dan Masuk Waktu Sholat, Mana yang Harus Didahulukan?

Riska Fitria - detikFood Jumat, 14 Jan 2022 11:30 WIB
Makan atau sholat dulu? Foto: iStock
Jakarta -

Jika perut terasa lapar sementara sudah masuk waktu sholat, manakah yang harus didahulukan antara makan dan sholat? Ini penjelasannya.

Sholat merupakan ibadah yang wajib dilakukan bagi umat Islam. Bahkan di dalam Al-Qur'an dijelaskan bahwa mengulur-ulur waktu sholat masuk ke dalam dosa besar.

Namun, bagaimana jika masuk waktu sholat tetapi tiba-tiba perut terasa lapar? Adalah manusiawi jika seseorang merasakan lapar dalam waktu tertentu, termasuk juga pada waktu sholat.

Manakah yang harus didahulukan antara makan dan sholat jika waktu sholat telah tiba? Ustaz Maulana dalam Islam Itu Indah TRANS TV (01/03/21) mengatakan untuk mendahulukan makan terlebih dahulu.

Baca Juga: Hukum Makan di Rumah Duka dalam Ajaran Islam

Makan atau sholat dulu?Seorang muslim yang merasa lapar sementara sudah masuk waktu sholat disarankan untuk makan terlebih dahulu Foto: iStock

"Kalau memungkinkan waktunya, jaraknya lama maka makan dulu baru sholat. Karena nanti bisa bikin gak fokus, sholat tapi pikirannya makan. Lebih baik makan tapi pikirannya sholat. Jadi setelah makan langsung sholat," ujar Ustaz Maulana.

Pandangan yang sama juga disampaikan oleh Ustaz Abdul Somad dalam dakwahnya yang diunggah di channel YouTube Kajian Islam. Hal itu pun pernah disampaikan dalam sebuah hadits.

Imam As-Syaukani dalam kitabnya, Nailul Authar menyebutkan hadits Rasulullah SAW yang berbunyi:

Dari Anas bin Malik Rasulullah SAW bersabda: "Ketika makan sore telah didatangkan maka mulailah dengannya sebelum sholat magrib, dan janganlah tergesa-gesa dengan makan sore kalian,".

Baca Juga: Begini Hukum Makan dengan Tangan Kiri dalam Alquran dan Hadis

Makan atau sholat dulu?Anjuran untuk mendahulukan makan daripada sholat pernah dijelaskan oleh Rasulullah SAW melalui hadits Foto: iStock

Hadits lain pun mengatakan demikian, seperti yang diriwayatkan oleh Ummul Mukminin Sayyidah Aisyah berbunyi:

"Ketika sholat telah di-iqomati dan datang makan sore maka mulailah dengan makan sore,".

Jadi dapat disimpulkan bahwa ketika perut terasa lapar sementara waktu sholat telah tiba maka dianjurkan untuk makan terlebih dahulu. Rasa lapar dikhawatirkan dapat mengganggu kekhusyuan sholat.

Namun, hal ini jangan dijadikan alasan untuk mengulur waktu sholat. Jika hanya ingin sekadar ngemil, maka sebaiknya lebih mengutamakan sholat terlebih dahulu.

Baca Juga: Hukum Makan di Warung Bayar Belakangan dalam Islam



Simak Video "Bikin Laper: Hangat Nan Empuk Sop Dada Pechok"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com