Ajaran Rasulullah SAW Tentang Berbagi Makanan dengan Tetangga

ADVERTISEMENT

Ajaran Rasulullah SAW Tentang Berbagi Makanan dengan Tetangga

Devi Setya - detikFood
Kamis, 06 Jan 2022 06:00 WIB
Ajaran Rasulullah SAW Tentang Berbagai Makanan dengan Tetangga
Foto: Getty Images/iStockphoto/kuarmungadd
Jakarta -

Rasulullah SAW menjadi teladan dan panutan bagi umat muslim. Semasa hidupnya, beliau menganjurkan untuk selalu berbagi makanan, termasuk dengan tetangga.

Banyak hal soal adab makan yang diajarkan Rasulullah SAW. Semuanya memiliki makna yang baik dan bisa menjadi contoh serta anjuran untuk dilakukan umat muslim. Salah satunya soal berbagi makanan.

Dalam ajaran Islam, berbagai makanan dengan kerabat atau tetangga hukumnya adalah sunah. Jika dilakukan akan mendapatkan pahala. Rasulullah SAW kerap mencontohkan untuk berbagi makanan dengan kerabat dan tetangga meskipun jumlahnya tak banyak.

Ajaran Rasulullah SAW Tentang Berbagai Makanan dengan TetanggaAjaran Rasulullah SAW Tentang Berbagai Makanan dengan Tetangga Foto: Getty Images/iStockphoto/kuarmungadd

"Tidaklah beriman kepadaku orang yang kenyang semalaman sedangkan tetangganya kelaparan di sampingnya, padahal ia mengetahuinya." (HR At-Thabrani).

Dari hadits tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa seorang muslim harus berbuat baik kepada tetangganya. Bahkan Rasulullah SAW pernah menganjurkan untuk berbagi makanan meskipun dengan tetangga yang dzolim.

Dari unggahan instagram Ustadz Khalid Basalamah menceritakan soal sunah Rasulullah SAW ini.

"Sebelum beliau makan, beliau mengatakan 'Apakah kau sudah memberikan kepada tetangga kita si Yahudi?' 'Apakah kau sudah membagikan makanan ini untuk tetangga kita si Yahudi?' terus saja dia ulang-ulangi sampai pegawai atau ghulamnya mengambil makanan tersebut dan memberikan kepada tetangga Yahudi," ujar Ustadz Khalid Basalamah (1/1).

Membagi makanan dengan tetangga tidak harus ketika memiliki banyak makanan. Dalam jumlah sedikitpun tidak masalah. Akan berdosa seorang muslim jika merasa perutnya kenyang sementara tetangganya kelaparan.

Dari Abu Dzarr radhiyallahu 'anhu, dia berkata: Rasulullah SAW bersabda, "Wahai Abu Dzarr, jika engkau memasak masakan berkuah, maka perbanyaklah kuahnya dan perhatikanlah tetanggamu." (HR Muslim)

Sangat banyak keutamaan berbagi makanan dengan tetangga, salah satunya mempererat tali silaturahmi. Ketika kita tertimpa musibah, tentu tetangga terdekat yang akan membantu.

Lebih daripada itu, membagi makanan dengan tetangga atau sesama juga akan mendapatkan ganjaran pahala dari Allah SWT dan masuk sebagai golongan umat yang mulia. Rasulullah SAW bahkan menyebut orang yang suka berbagi makanan akan disiapkan tempat khusus di surga.

Ajaran Rasulullah SAW Tentang Berbagai Makanan dengan TetanggaAjaran Rasulullah SAW Tentang Berbagai Makanan dengan Tetangga Foto: Getty Images/iStockphoto/kuarmungadd

"Sesungguhnya orang terbaik di antara kalian adalah orang yang memberi makan." (HR. Thabrani).

Saking mulianya orang yang berbagi makanan, Allah SWT bahkan menjamin, di akhirat kelak Allah SWT akan menyiapkan ruangan khusus di dalam surga.

Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya di surga terdapat sejumlah kamar yang bagian luarnya terlihat dari bagian dalamnya dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya. Lalu seorang Arab Badui berdiri lalu bertanya, "Ya Rasulullah untuk siapa kamar-kamar itu?" Nabi SAW menjawab, "...untuk orang yang memberi makan ..." (HR. Tirmidzi).



Simak Video "Bikin Laper: Jalan-jalan ke Thailand, Nikmati Kuliner Malam"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT