Babungkus, Tradisi Bungkus Makanan Masyarakat Manado

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 04 Jan 2022 07:00 WIB
Family taking food in self service restaurant in hotel. A lot of domestic colorful food is served. Family with two children.
Foto: iStock

3. Babungkus, Acara Terakhir di Setiap Pesta

Puas menyantap aneka makanan hingga bertegur sapa dengan semua tamu yang ada di pesta. Baru lah para tamu wanita mulai membungkus makanan di sana.

Tradisi babungkus ini merupakan acara terakhir yang tidak tertulis di setiap pesta, yang diselenggarakan oleh orang Manado. Tak hanya kerabat atau saudara terdekat saja yang boleh membungkus makanan, tapi hingga tamu yang tidak saling mengenal sekalipun, semuanya boleh membungkus makanan.

Budaya ini tidak terlepas dari ramahnya orang-orang Manado yang selalu menyambut setiap tamu dengan tangan terbuka.

4. Tradisi Bungkus Makanan yang Unik

Babungkus ini biasanya dapat dilihat dalam acara-acara besar seperti hari raya Natal contohnya. Makanan yang dibungkus ini dilihat juga sebagai bekal, karena kebanyakan tamu undangan yang datang tak hanya dari warga sekitar. Melainkan dari sanak saudara yang berbeda kota sampai daerah.

Banyak juga para tamu undangan yang lebih memilih untuk membungkus makanannya, dibandingkan menyantap makanan di pesta. Tak heran tradisi babungkus ini jadi budaya yang tak terpisahkan, jika orang Manado menggelar pesta.

Baca Juga: Daging Anjing atau RW Jadi Kuliner Warisan Turun Temurun di Manado" selengkapnya



Simak Video "Bikin Laper: Kelembutan Salmon Tuturuga Khas Manado di Kilo Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)