ADVERTISEMENT

Makan Pakai Piring Hitam Bikin Porsi Makan Lebih Terkontrol

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 23 Des 2021 16:00 WIB
Makan Pakai Piring Hitam Bikin Porsi Makan Lebih Terkontrol
Foto: iStock
Jakarta -

Seorang pemilik kafe membuktikan bahwa warna piring bisa mempengaruhi nafsu makan. Piring warna hitam akan membuat nafsu makan lebih terkontrol.

Melalui video TIkTok @kaepjjangcafe, seorang pemilik kafe mencoba mengatur penyajian menu makanannya. Termasuk pada piring yang digunakan, apakah piring warna hitam atau putih.

Dalam video tersebut ia mengatakan bahwa warna piring bisa mempengaruhi nafsu makan. Piring warna hitam akan membuat makanan lebih terlihat kontras dan pop up.

Selai itu, piring warna hitam juga akan membuat makanan terlihat lebih banyak. "Kalau makan pakai piring hitam porsi makan kita akan lebih terkontrol," ujarnya dalam video yang telah dikonfirmasi detikcom (23//12/21).

Baca Juga: Jumlah Kalori Alpukat, Bagus Nggak untuk Diet?

Makan Pakai Piring Hitam Bikin Porsi Makan Lebih TerkontrolMakan Pakai Piring Hitam Bikin Porsi Makan Lebih Terkontrol Foto: iStock

Berbeda jika menggunakan piring berwarna putih. Piring warna putih justru akan membuat makanan sedikit, meskipun porsi makannya sama seperti piring warna hitam.

"Kalau makan pakai piring warna putih kita merasa porsinya gak cukup," ujarnya.

Dikutip dari Forbes (22/10/17) dikaitkan dengan psikologi warna makanan. Menurut pakar diet Dr Brian Wansink dari Cornell University's Food & Brand Lab, AS, warna di sekitar tempat makan sangat memengaruhi porsi makan dan nafsu makan.

Warna-warna itu termasuk di dinding ruang makan, pencahayaan dari lampu dan warna piring yang digunakan. Wansink mengatakan bahwa makan di piring hitam akan membuat lebih tanggap pada ukuran porsi makanan.

Baca Juga: Warna dan Bentuk Makanan Bisa Pengaruhi Nafsu Makan Anak

Makan Pakai Piring Hitam Bikin Porsi Makan Lebih TerkontrolMakan Pakai Piring Hitam Bikin Porsi Makan Lebih Terkontrol Foto: iStock

Sementara makan menggunakan piring cerah seperti warna putih dan tidak ada kontras antara warna piring dan kontras akan membuat porsi makan 18% lebih banyak.

Bukan hanya warna hitam dan putih saja, warna lain pada piring juga mempengaruhi psikologi saat makan. Misalnya pada piring berwarna pink pucat atau abu-abu.

Kedua warna tersebut akan membuat makan lebih lambat dan tidak terburu-buru. Lebih lanjut, Nutrisionis Jenna Obeid juga menyebutkan kalau piring warna gelap seperti biru tua, hitam dan merah saat makan nasi putih dapat membantu mengontrol porsi makan.

Warna wadah juga berpengaruh ketika makan es krim. Wansink menjelaskan saat makan es krim vanilla disarankan menggunakan wadah gelap. Sebaliknya jika makan es krim cokelat menggunakan wadah cerah seperti putih dan kuning.

"Semakin tinggi kontrasnya antara warna piring dan warna makanan, maka semakin kecil porsi makanan yang akan dimakan," tutup Wansink.

Baca Juga: Benarkah Warna Piring dan Makanan Bisa Pengaruhi Nafsu Makan?



Simak Video "Bayar Rp 150 Ribu Bisa Makan Seafood Sepuasnya di Tepian Rasa! "
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT