Awalnya Jajanan Murah di Korea Selatan, Kini Corndog Digemari di Seluruh Dunia

Sonia Basoni - detikFood Senin, 20 Des 2021 13:30 WIB
Ini Camilan Corn Dog yang Dijual Nenek Seo Dal Mi di Start Up Foto: Getty Images/iStockphoto/IgorDutina
Jakarta -

Corndog populer lewat video-video mukbang di Korea Selatan. Kini corndoh jadi jajanan populer yang digemari orang di seluruh dunia.

Demam K-Wave, atau semua yang berkaitan dengan budaya populer di Korea Selatan memang tengah melanda berbagai negara. Tak hanya budaya musik sampai dramanya saja yang diminati banyak orang, tapi makanan khas Korea juga merajai berbagai negara.

Selain menu ikonik seperti Korean BBQ, Kimchi hingga bulgogi. Ada lagi makanan yang tengah ngetren dan populer di berbagai negara, yaitu corndog. Jajanan kaki lima khas Korea Selatan ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1980-an, tapi baru populer di dunia beberapa tahun ke belakang ini.

Corndog merupakan camilan yang dibuat dari adonan tepung dicampur ragi, kemudian diisi dengan sosis hingga potongan keju mozzarella sebelum dibalut dengan tepung panir dan digoreng hingga garing.

Banyak juga isian corndog yang menggunakan fishcake atau sejenis otak-otak yang dipadukan dengan keju mozzarella.

Baca Juga: Di Sini Bisa Ngemil Corn Dog, Jajanan Korea Hits yang Bikin Kenyang" selengkapnya

Ini Camilan Corn Dog yang Dijual Nenek Seo Dal Mi di 'Start Up'Ini Camilan Corn Dog. Foto: Getty Images/iStockphoto/IgorDutina


Dilansir dari Bon Appetit (17/12), jajanan kaki lima asal Korea ini kian viral setelah eksis di berbagai drama Korea. Disantap oleh para bintang K-Pop, jadi menu makanan wajib di video mukbang (video makan) sampai viral wara-wiri di TikTok.

Meski awalnya corndog tidak terlalu populer di Korea karena mirip seperti hot dog yang dilapisi adonan tepung. Tapi jajanan ini mulai dilirik ketika Myungrang Hot Dog, salah satu gerai jajanan di Busan, mulai membuka variasi corndog kekinian pada tahun 2016.

Kurang dari tiga tahun, Myungrang Hot Dog berhasil membuka lebih dari 650 cabang di seluruh Korea. Bahkan di tahun 2018, Myungrang Hot Dog mulai melebarkan sayap mereka ke Los Angeles.

Reddog: Jajan Corn Dog dan Tteokbokki Corn Dog dan Tteokbokki Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Menurut Emily Hui, salah satu pemilik gerai corndog khas Korea di San Francisco, awalnya ia tidak yakin apakah akan ada banyak orang yang suka dengan jajanan ini. Terutama di Amerika. Tapi semenjak banyaknya video mukbang dengan menu corndog hingga viral di media sosial, para pembeli mulai berdatangan dan membeli corndog buatannya.

"Berbeda dengan cloud bread, kopi Dalgona hingga feta pasta. Tren makanan corndog di media sosial ini tetap disukai banyak orang, dan tidak musiman. Karena orang-orang bisa membelinya di luar tanpa perlu repot-repot membuatnya seperti tren makanan lainnya yang viral saat pandemi," jelas Hui.

Tak hanya di Los Angeles dan San Francisco. Kini banyak gerai corndog khas Korea yang dibuka di kota-kota besar di Amerika seperti New York hingga Georgia.

Kini corndog dengan mudah ditemui di negara-negara di luar Asia. Seperti di Amerika, Inggris sampai Eropa. Banyak gerai corndogbermunculan dengan beragam variasi topping dan isian yang berkiblat ke corndog gaya Korea. Termasuk jajanan kekikian yang digemari anak muda di Indonesia.

Baca Juga: 5 Tempat Beli Corn Dog yang Hits, Cobain Yuk!" selengkapnya



Simak Video "Ngemil Corndog ala Korea di Kelapa Gading"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com