Alami PHK Sebagai Pilot, Pria Ini Buka Warung Makan Kaki Lima

Riska Fitria - detikFood Jumat, 17 Des 2021 18:30 WIB
Alami PHK Sebagai Pilot, Pria Ini Buka Warung Makan Kaki Lima Foto: Azrin
Jakarta -

Sudah 21 tahun bekerja sebagai pilot, pria di Malaysia ini harus kehilangan pekerjaannya. Kini ia menjual makanan di warung kaki lima. Begini kisahnya.

Dampak pandemi COVID-19 turut dirasakan oleh maskapai penerbangan. Hal tersebut membuat beberapa pilot terpaksa harus diberhentikan dari pekerjaannya tersebut.

Hal itu juga dialami oleh Azrin Mohamad Zawawi, seorang pria di Malaysia. Sebelumnya ia telah bekerja sebagai pilot di sebuah maskapai penerbangan selama 21 tahun.

Meskipun diberhentikan dari pekerjaannya, tak membuat pria berusia 45 tahun ini diam diri. Ia pun memutuskan untuk bertahan hidup dengan membuka warung kaki lima di kawasan Selangor.

Baca Juga: Dirumahkan karena Pandemi, Pilot Ini Jualan Sop Buntut di Rumah

Alami PHK Sebagai Pilot, Pria Ini Buka Warung Makan Kaki LimaAlami PHK Sebagai Pilot, Pria Ini Buka Warung Makan Kaki Lima Foto: Azrin

Keputusannya tersebut langsung mendapat dukungan dari keluarganya. Azrin pun membuka warung makan dengan dibantu istri, ibu mertua dan saudara iparnya, lapor Mstaronline (15/12/21).

"Pekerjaan saya sekarang adalah menyiapkan makanan untuk pelanggan. Saya juga akan melakukan pengiriman makanan sampai ke depan pintu pelanggan,"ujar Azrin.

Azrin menegaskan bahwa ia tidak mempedulikan komentar negatif dari orang sekitar yang menyinyiri pekerjaannya dari yang semula sebagai pilot kini berjualan makanan kaki lima.

Menurutnya, dalam kondisi pandemi seperti ini membuat hidup penuh dengan tantangan dan ketidakpastian. Yang terpenting baginya bukanlah status, tapi bisa bertahan hidup.

"Saya harus mencari penghasilan tambahan selain berjualan makanan di warung-warung. Selama ada ruang dan kesempatan, saya akan ambil," ujar Azrin.

Alami PHK Sebagai Pilot, Pria Ini Buka Warung Makan Kaki LimaAlami PHK Sebagai Pilot, Pria Ini Buka Warung Makan Kaki Lima Foto: Azrin

Baca Juga: Jadi Pilot Sejak 1997, Pria Ini Sekarang Sibuk Jualan Mie Ayam

Azrin menjelaskan bahwa warung kaki limanya tersebut sudah berjalan selama setahun. Ayah anak ini mengaku sangat bersyukur karena usaha kecilnya tersebut semakin berkembang dan konsisten.

"Penjualan sudah konsisten sejak Februari lalu. Sekarang situasinya lebih menantang karena semua sektor diizinkan beroperasi kembali dan semua restoran sudah buka, semakin banyak," tuturnya.

Untuk menarik perhatian, Azrin mengenakan seragam pilot saat melayani pelanggan. Bukan hanya itu, ia juga serius berinovasi dengan mengeluarkan menu-menu baru.

Menu yang ditawarkan mulai dari Sop Kwetiau, Nasi Ketan Mangga, Ketan Kuning, Rendang Ayam, Rendang Daging dan lainnya. Untuk pelayanan ia juga menawarkan layanan pesan antar.

"Itu sebagai strategi saya untuk memuaskan pelanggan. Jadi pelanggan gak akan hilang," tutup Azrin.

Baca Juga: Mantan Pilot Ini Sukses Jualan Durian Kupas, Laku 300 Kg Per Hari



Simak Video "Bikin Laper: Kepak Madu Buatan Pilot Rupawan"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com