5 Template Wisata Kuliner Orang Jakarta Kalau Liburan ke Bandung

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 15 Des 2021 11:30 WIB
batagor yunus
Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria

3. Sate Jando Ibu Ayu

sate jandosate jando Foto: dok. detikFood / Mukhlis Dinillah

Selain sate kambing, Bandung juga punya beragam sate enak yang populer. Salah satunya sate Jando bu Ayu yang selalu diantre pembeli. Sate Jando sendiri berasal dari daging kelenjar payudara sapi. Teksturnya lembut dan gurih membuat sate Jando ini diburu konsumen.

Jika menyusuri trotoar Jalan Cimandiri, Kota Bandung tepatnya di belakang Gedung Sate, lapak jualan sate Jando mudah dikenali. Karena selalu dijejali antrean pembeli. Jalan Cimandiri pun ngebul karena asap pembakaran sate.

Terutama saat jam makan siang, lapak sate Jando tak pernah sepi. Mereka rela antre berjam-jam untuk bisa menikmati seporsi sate Jando. Untuk kisaran harganya per porsi Rp 23.000. Pastinya kulineran yang satu ini selalu diserbu oleh orang Jakarta yang penasaran dengan sate enak satu ini.

4. Cuanki Serayu

Cuanki Serayu di BandungCuanki Serayu di Bandung Foto: titry frilyani/d'Traveler

Cuanki Serayu sudah berdiri sejak tahun 1990-an dan namanya sendiri diambil dari lokasi resto cuanki tersebut berada, yakni Jalan Serayu. Di rumah makan Cuanki Serayu ini, kamu juga bisa menyantap dua menu berbeda, yaitu cuanki atau batagor.

Sebagai tempat makan dengan konsep street food, Cuanki Serayu punya suasana khas warung di mana ada meja dan bangku panjang untuk makan. Di Cuanki Serayu ini juga ada gerobak yang siap melayani pengunjung yang ingin membawa pulang cuanki yang dibelinya.

Sama seperti halnya bakso, seporsi cuanki juga dilengkapi dengan bawang goreng dan seledri agar tampilan cuanki semakin menarik dan tentunya cita rasa semakin gurih.

Seporsi cuanki dibandrol dengan harga sekitar Rp17.000-an. Tapi, kalau ingin makan lebih sedikit, kamu juga dapat memesan cuanki setengah porsi.

5. Dago Bakery

Kafe dan Resto di BandungKafe dan Resto di Bandung Foto: Instagram

Di wilayah Punclut yang dipenuhi pegunungan dan pemandangan alam yang indah, ada Dago Bakery yang sangat populer di kalangan millennial. Kafe ini terkenal dengan bangunan kastil klasiknya dan suasana Eropa yang kental.

Sementara banyak juga pengunjung yang menyebutkan bahwa tampilan kastil di Dago Bakery, mirip seperti Howgarts di film Harry Potter. Nah selain interiornya yang ciamik, menu makanannya juga tak kalah menarik untuk dicoba lho.

Di sini menunya terbagi menjadi empat. Ada Western, Indonesia, Coffee Break dan Beverages. Mulai dari roti, cake, macaron, hingga menu utama seperti pizza dan pasta tersedia di sini. Kisaran harganya dimulai dari Rp 25.000 saja.

Baca Juga: Gurih Renyah, Batagor Kenyal dengan Siraman Saus Kacang yang Kental" selengkapnya



Simak Video "Mangut Lele Mbah Marto yang Legendaris di Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)