Anak Gadis Tak Boleh Makan Sayap Ayam, Ini 5 Mitos Makanan yang Masih Dipercaya

Devi Setya - detikFood
Minggu, 12 Des 2021 11:30 WIB
Es Dawet Jembut Kecabut Khas Purworejo, Namanya Jorok Tapi Rasanya Enak
Foto: detikcom/Rinto Heksantoro

3. Pamali mengambil makanan sebelum orang tua makan

Ada mitos yang berkembang soal anak tak boleh mengambil makanan di meja makan sebelum orangtuanya makan. Hal ini dianggap pamali dan tak boleh dilakukan.

Padahal makna di balik mitos ini adalah soal sopan santun. Orang tua atau orang yang dituakan dipersilahkan mengambil makanan lebih dulu sebelum diikuti anak-anaknya. Tujuannya agar orang tua dijadikan sosok yang dihormati.

4. Makan sambil tiduran akan jadi ular

Mitos satu ini terbilang tak masuk akal. Orang yang makan sambil tiduran akan berubah menjadi ular. Hal ini masih sering diungkapkan orang tua kepada anaknya. Padahal tentu saja mitos ini tidaklah benar.

Salah satu tujuan diungkapkan mitos ini hanyalah untuk menakuti anak-anak. Padahal makan sambil tiduran akan mengganggu sistem pencernaan dan bisa menyebabkan sakit perut.

5. Makan brutu ayam bikin pikun

brutu ayamMakan brutu ayam bikin pikun Foto: istimewa

Brutu ayam kerap dijadikan campuran pada makanan seperti soto. Beredar mitos yang mengungkapkan bahwa makan brutu ayam bisa menyebabkan pikun. Padahal mitos ini tidaklah benar. Tidak ada kandungan nutrisi brutu ayam yang berkaitan dengan efek pikun.

Dilansir dari Kominfo (12/12) berdasarkan penelitian yang dilakukan Nutrition and Dietary Studies of America, brutu atau pantat ayam ternyata cukup banyak mengandung nutrisi dan kaya protein, bahkan dalam kandungan zat besi dan kalsium pada pantat ayam lebih besar dibanding dada ayam.



Simak Video "Ekspresi Ronaldinho yang Ketagihan Makan Pangsit di Rumah Raffi"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)