Anak Gadis Tak Boleh Makan Sayap Ayam, Ini 5 Mitos Makanan yang Masih Dipercaya

Devi Setya - detikFood Minggu, 12 Des 2021 11:30 WIB
Es Dawet Jembut Kecabut Khas Purworejo, Namanya Jorok Tapi Rasanya Enak Foto: detikcom/Rinto Heksantoro
Jakarta -

Banyak mitos berkembang di masyarakat Indonesia. Termasuk deretan mitos soal makanan yang bahkan masih dipercaya hingga saat ini.

Ada beberapa larangan makan yang dianggap mitos dan memiliki makna negatif. Sebagian besar orang masih percaya dan tidak melanggar mitos dengan harapan agar tak mendapat 'sial'.


Namun sebenarnya hal ini hanyalah mitos semata karena sebenarnya ada makna dibalik larangan makan ini. Misalnya salah satunya mitos soal anak gadis yang tidak boleh makan sayap ayam karena akan jauh dari jodoh, padahal sebenarnya sayap ayam bukanlah makanan yang sehat.

Berikut beberapa mitos soal makanan yang masih dipercaya:

1. Anak gadis tak boleh makan sayap ayam

resep sayap ayamAnak Gadis Tak Boleh Makan Sayap Ayam, Ini 5 Mitos Makanan yang Masih Dipercaya Foto: iStock

Orang tua dahulu banyak melarang anak gadisnya untuk makan bagian sayap ayam. Mitos yang berkembang, jika seorang gadis makan sayap ayam maka jodohnya akan menjauh. Jadi banyak anak gadis zaman dahulu yang tak tahu rasa sayap ayam.

Mitos ini masih dipercaya sebagian orang di zaman modern seperti sekarang ini. Padahal makan sayap ayam bagi remaja tidak direkomendasikan karena alasan kesehatan. Bagian sayap ayam mengandung lemak yang cukup tinggi sehingga dikhawatirkan akan mengganggu hormon pada remaja.

Hormon yang tidak stabil memberi berbagai efek seperti menyebabkan jerawat dan masalah kesehatan lainnya. Jadi sebenarnya tidak ada pengaruh anak gadis makan sayap ayam akan jauh dari jodohnya.

2. Mengambil tatakan dawet Jabung berarti harus menikahi penjualnya

Di Ponorogo ada minuman khas yang dikenal memiliki mitos, yakni dawet Jabung. Selain terkenal karena rasanya yang enak, dawet ini juga populer karena mengandung mitos unik.

Saat penyajian dawet Jabung, penjual akan meracik minuman ini dalam wadah mangkuk kecil yang dialasi piring tatakan atau lepek. Piring kecil ini tak boleh diambil sang pembeli karena mitosnya jika piringnya ikut diambil maka si pembeli harus menikahi penjualnya.

Mitos ini sudah berlangsung lama dan turun temurun. Padahal sebenarnya pembeli tidak harus menikahi sang penjual. Mitos ini terkadang membuat penjual dan pembeli yang tak tahu mitosnya akan saling tarik menarik piring kecil ini.

Mitos makanan apa lagi yang masih dipercaya? Klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: All You Can Eat Murah di Warung Bang Panjul"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com