Heboh Kuning Telur Berwarna Hitam Pekat, Apa Ya Sebabnya?

ADVERTISEMENT

Heboh Kuning Telur Berwarna Hitam Pekat, Apa Ya Sebabnya?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Minggu, 05 Des 2021 11:00 WIB
Heboh Kuning Telur Berwarna Hitam Pekat, Apa Ya Sebabnya?
Foto: Oddity Central
Jakarta -

Kuning telur angsa ini menarik perhatian karena warnanya bukan kuning, melainkan hitam pekat. Tampilannyapun bisa bikin kamu mengernyitkan dahi. Wah, kira-kira apa ya sebabnya?

Sebuah foto dan video telur unik viral di media sosial China, Sina Weibo. Pengunggahnya adalah pria dengan nama keluarga Zhu dari Hangzhou City, Provinsi Zhejiang.

Ia memperlihatkan telur angsa miliknya yang warna kuningnya hitam pekat. Zhu mengatakan telur itu didapat dari temannya yang memelihara banyak angsa abu-abu di peternakannya.

Sebelumnya Zhu kerap mendapat kiriman telur angsa normal, namun suatu hari telur yang didapatnya terlihat sangat berbeda. Begitu dipecahkan, putih telurnya terlihat normal, namun tidak dengan kuningnya.

Alih-alih berwarna kuning atau oranye, warnanya justru hitam pekat! Mengutip Oddity Central (3/12/21), Zhu menjelaskan telur ini didapat dari angsa yang sama. Namun ia dan rekannya tak tahu-menahu kenapa ada kuning telur yang warnanya nyeleneh.

Heboh Kuning Telur Berwarna Hitam Pekat, Apa Ya Sebabnya?Heboh Kuning Telur Berwarna Hitam Pekat, Apa Ya Sebabnya? Foto: Oddity Central

Setelah foto dan video kuning telur berwarna hitam pekat ini viral di media sosial China, warganet pun mulai berspekulasi mengenai penyebabnya. Ada yang bilang itu adalah 'kebetulan' alami.

Namun ada juga yang bilang angsa petelurnya mencerna tinta atau memiliki hati yang hitam sehingga warna kuning telurnya juga hitam. Warganet lain kemudian mengatakan mungkin ini dipengaruhi pakan angsa.

Baca Juga: Super Langka! Wanita Ini Temukan 6 Telur Sekaligus dengan Dua Kuning

Bisa jadi angsa petelur makan banyak murbei hitam yang terkenal dengan kandungan melanin-nya yang tinggi. Zhu lalu mengkonfirmasi kalau di halaman peternakan itu memang ada pohon-pohon murbei, namun ia ragu kalau ini penyebabnya.

"Angsa-angsa ini dipelihara secara bebas. Ketika buah murbei jatuh ke tanah, angsa-angsa itu lari dan memakannya. Murbei mengandung melanin, dan mungkin warna kuning telur yang hitam ini karena angsa makan banyak murbei, tapi penjelasan ini tidak secara spesifik masuk akal. Jadi saya tidak yakin, singkatnya, alasan ini aneh," tulis Zhu.

Heboh Kuning Telur Berwarna Hitam Pekat, Apa Ya Sebabnya?Heboh Kuning Telur Berwarna Hitam Pekat, Apa Ya Sebabnya? Foto: Oddity Central

Kemudian beberapa media China menanyakan pada pakar unggas atas temuan kuning telur warna hitam. Pakar menyebut satu-satunya alasan yang terpikirkan oleh dirinya adalah polusi lingkungan. "Berbicara dalam konteks ilmiah, fenomena seperti ini seharusnya tidak terjadi," lanjut sang pakar.

Dikabarkan juga kalau para pakar di Akademi Ilmu Pertanian China sudah menyatakan ketertarikannya untuk meneliti kuning telur hitam pekat ini. Namun sampai saat ini, sebab kuning telur hitam berwarna pekat belum terjawab.

Sebelum kuning telur angsa warna hitam pekat, warganet juga dikejutkan dengan temuan kuning telur ayam warna hijau di India. Adalah Ak, sosok yang menemukan telur unik ini. Ia mengatakan telur hijau didapat dari seekor ayam peliharaannya di rumah.

Baca Juga: Bukan Kuning, Telur Ayam di India Ini Warnanya Hijau



Simak Video "Masak Masak: Nasi Telur Pontianak Simpel tapi Enak"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT