Tempat Makan Legendaris Masih Eksis

Enaknya Melegenda! 5 Tempat Makan Bakso di Jakarta Ini Berusia Lebih dari 30 Tahun

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 02 Des 2021 13:00 WIB
Bakso Malik
Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Semangkuk bakso selalu berhasil menggugah selera. Kalau mau cicip bakso yang enaknya melegenda, 5 tempat makan bakso di Jakarta berusia lebih dari 30 tahun ini bisa jadi pilihan.

Racikan bakso memang sederhana, hanya bola-bola daging, kuah kaldu, dan pelengkap seperti mie, bihun, dan sayuran. Namun kelezatannya sukses membuat siapapun terpikat.

Beberapa penjual bakso bahkan bertahan puluhan tahun karena kelezatan menu yang ditawarkannya. Mereka punya pelanggan setia yang selalu menyempatkan datang untuk bersantap.

Tak jarang, tempat makan bakso ini bisa bertahan lebih dari 30 tahun sehingga tergolong legendaris. Cita rasanya enak dan harganya ternyata juga masih terjangkau.

Salah satu yang terkenal adalah Bakso Cendana, langganan keluarga mendiang Presiden Soeharto. Bakso ini sudah dijual sejak tahun 1965. Harganya hanya Rp 20 ribuan, namun porsinya mantap.

Di mana lagi ya bakso legendaris di Jakarta yang sudah bertahan lebih dari 30 tahun? Berikut detikfood merangkum informasinya:

1. Bakso Titoti

Enaknya Melegenda! 5 Tempat Makan Bakso di Jakarta Ini Berusia Lebih dari 30 TahunEnaknya Melegenda! 5 Tempat Makan Bakso di Jakarta Ini Berusia Lebih dari 30 Tahun Foto: detikfood

Bakso Titoti adalah usaha bakso yang dirintis Slamet Riyanto sejak tahun 1990-an. Namun sebelum mendirikan Bakso Titoti, pria asal Wonogiri tersebut sudah berjualan bakso sejak tahun 1971 di wilayah Kota Bambu, Jakarta. Dahulu cara dagangnya masih dipikul berkeliling kampung.

Gerai Bakso Titoti yang pertama ada di depan kantor pajak Kalibata hingga kemudian pindah ke jalan raya Pasar Minggu. Pencinta bakso banyak yang menyukai menu di sini karena baksonya empuk kenyal dengan kuah kaldu yang gurih dan sedap.

Saat ini Bakso Titoti punya sekitar 18 cabang. Pihaknya menawarkan menu bakso halus, bakso urat, bakso telur campur tahu, dan kikil. Harga seporsi baksonya mulai dari Rp 19 ribuan.

Baca Juga: Dari Gerobak Jadi 18 Rumah Makan, Kisah Bakso Titoti yang Legendaris

2. Bakso Mas Kumis

Enaknya Melegenda! 5 Tempat Makan Bakso di Jakarta Ini Berusia Lebih dari 30 TahunEnaknya Melegenda! 5 Tempat Makan Bakso di Jakarta Ini Berusia Lebih dari 30 Tahun Foto: Instagram baksomaskumisdjarum

Bakso legendaris selanjutnya ada di di kawasan Slipi, Jakarta Barat. Namanya Bakso Mas Kumis yang beralamat di Jalan KS. Tubun 2B Nomor 5A. Tempat makan bakso ini sudah berusia hampir 50 tahun karena didirikan tahun 1972.

Racikan bakso di sini memakai daging sapi asli dan merupakan khas Solo Wonogiri. Untuk menunya tersedia pilihan bakso saja atau bakso bihun. Bakso juga dilengkapi tetelan yang rasanya gurih juicy.

Harga per porsi bakso di aplikasi ojek online sekitar Rp 39 ribu. Untuk bakso saja berisi 5 butir, sementara bakso bihun berisi 4 butir bakso.

3. Nikki Bakso Daging Sapi

Enaknya Melegenda! 5 Tempat Makan Bakso di Jakarta Ini Berusia Lebih dari 30 TahunEnaknya Melegenda! 5 Tempat Makan Bakso di Jakarta Ini Berusia Lebih dari 30 Tahun Foto: Instagram like_eatanddrinks

Nikki Bakso Daging Sapi atau dikenal juga dengan sebutan Bakso Nikki termasuk legendaris karena sudah ada sejak tahun 1978. Tempat makan bakso ini bisa kamu temui di Jl. KH Abdullah Syafei No.11, Tebet, Jakarta Selatan.

Ciri khas Nikki Bakso Daging Sapi ada pada topping tetelannya yang melimpah. Baksonya juga dilengkapi sayuran, bihun/mie, seledri, serta bawang goreng. Untuk pilihan baksonya ada bakso urat, halus, telur puyuh, bakso goreng, bakso tennis, dan mie ayam.

Harga per porsi bakso di sini mulai dari Rp 15 ribu saja. Bakso Nikki semakin enak dengan tambahan sambal hijau yang pedas segar.

4. Bakso Cendana

Enaknya Melegenda! 5 Tempat Makan Bakso di Jakarta Ini Berusia Lebih dari 30 TahunEnaknya Melegenda! 5 Tempat Makan Bakso di Jakarta Ini Berusia Lebih dari 30 Tahun Foto: detikfood

Bakso legendaris ini jadi langganan keluarga mendiang Presiden Soeharto yang akrab disebut keluarga Cendana. Bakso Cendana ada di Jalan Teuku Umar Nomor 10, Menteng, Jakarta Pusat.

Usaha bakso ini dirintis oleh Pak Andi sejak tahun 1965. Meski tempat jualannya sederhana, bakso di sini selalu laris diantre. Semangkuk bakso dijual Rp 20 ribuan dengan porsi jumbo. Pelengkapnya ada mie kuning, bihun, tauge, serta lembaran sawi.

Untuk baksonya, ada sebutir bakso telur, enam butir bakso kecil, dan sepotong tahu goreng. Cita rasa baksonya makin khas dan nikmat dengan tambahan bawang putih cincang halus yang digoreng kering.

Baca Juga: Bakso Cendana : Ini Gurih Nikmatnya Bakso Favorit Keluarga Cendana

5. Bakso Yanto

Enaknya Melegenda! 5 Tempat Makan Bakso di Jakarta Ini Berusia Lebih dari 30 TahunEnaknya Melegenda! 5 Tempat Makan Bakso di Jakarta Ini Berusia Lebih dari 30 Tahun Foto: detikfood

Bakso Yanto di bilangan Cempaka Putih, Jakarta Pusat punya banyak penggemar. Mereka menyukai racikan bakso yang sudah ada sejak tahun 1974 ini. Racikan bakso di sini merupakan khas Solo.

Pilihan baksonya ada bakso urat, bakso telur, dan bakso jumbo. Harganya sekitar Rp 20-30 ribuan. Untuk bakso jumbo, menunya bukan bakso berukuran jumbo, melainkan bakso urat, bakso telur, dan dua bakso halus.

Kuah kaldu bakso di sini keruh kecokelatan dengan rasa gurih enak. Lalu untuk baksonya kenyal dan gurih. Rasa bakso semakin enak dengan tambahan sambal, taburan bawang goreng, dan daun seledri.

Baca Juga: Bakso Yanto: Aduh Enaknya! Gurih Kenyal Bakso dari Kedai Bakso Berusia 44 Tahun



Simak Video "Menikmati Bakso Rumahan dengan Nuansa Asri "
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)