Disebut Mirip Ganja, Makan Jamur Truffle Juga Bisa Mabuk, Ini Sebabnya

Devi Setya - detikFood
Sabtu, 27 Nov 2021 13:00 WIB
Disebut Mirip Ganja, Makan Jamur Truffle Juga Bisa Mabuk, Ini Sebabnya
Foto: Getty Images/iStockphoto/marcomayer
Jakarta -

Jamur truffle dikenal sebagai salah satu bahan makanan mewah karena harganya mahal. Tapi jika dikonsumsi terlalu banyak jamur truffle bisa bikin mabuk. Ini penjelasannya!

Jamur truffle biasa disajikan sebagai paduan berbagai makanan. Seperti taburan steak, sup, salad hingga pizza. Aromanya yang tajam dan khas membuat banyak orang ketagihan. Biasanya jamur truffle ditambahkan dalam jumlah terbatas karena memang bahan makanan ini terbilang langka.

Dilansir dari Metro (26/11) makan jamur truffle ternyata bisa memberi efek mabuk pada orang yang mengonsumsinya. Beberapa kandungan dan efeknya bahkan mirip seperti ganja.

Disebut Mirip Ganja, Makan Jamur Truffle Juga Bisa Mabuk, Ini SebabnyaDisebut Mirip Ganja, Makan Jamur Truffle Juga Bisa Mabuk, Ini Sebabnya Foto: Getty Images/iStockphoto/marcomayer

Fakta bahwa jamur truffle adalah makanan yang sangat membuat ketagihan adalah sesuatu yang harus diketahui. Beberapa peneliti asal Italia mencoba mencari tahu kandungan truffle yang membuat orang ketagihan dan merasakan efek mabuk usai menyantapnya.

Jamur truffle mengandung anandamide, zat alami yang mirip dengan senyawa aktif dalam ganja atau biasa disebut endocannabinoid. Zat alami ini dikenal sebagai 'molekul kebahagiaan' yang bisa memberikan efek mabuk dan rileks pada manusia dan hewan.

Anandamide bekerja dengan cara yang mirip dengan senyawa THC dalam ganja yang memberi efek untuk meningkatkan mood. Jadi, tidak heran jika seseorang merasa sedikit pusing dan rileks setelah makan makanan yang mengandung truffle.

Bukan hanya manusia, bahkan hewan seperti babi dan anjing yang memburu jamur truffle di hutan pun mengalami hal yang sama. Saat anjing atau babi mengendus keberadaan truffle, mereka akan sedikit 'mabuk' karena keracunan anandamide. Oleh karenanya pawang hewan ini akan mengalihkan perhatian dengan memberi sedikit truffle ini.

Disebut Mirip Ganja, Makan Jamur Truffle Juga Bisa Mabuk, Ini SebabnyaDisebut Mirip Ganja, Makan Jamur Truffle Juga Bisa Mabuk, Ini Sebabnya Foto: Getty Images/iStockphoto/marcomayer

"Sebagai manusia, kita memiliki reseptor cannabinoid, dan sebagian besar terletak di otak, sumsum tulang belakang, dan sel saraf kita, sehingga sangat mungkin sebagian dari kita lebih sensitif terhadap efek ini," kata Mauro Maccarrone, dari Campus Bio-Medico University of Rome.

Mauro Maccarrone lebih lanjut menjelaskan bahwa anandamide juga digunakan pada manusia untuk memicu pelepasan melanin. Para peneliti mengatakan zat ini memiliki kekuatan untuk mengubah suasana hati, memori dan nafsu makan.

Michael Clay, seorang kepala chef di Elnecot Manchester, mengatakan dia telah mendengar tentang fenomena ini tetapi tidak pernah mengalaminya sendiri.

"Saya telah membaca tentang truffle tertentu yang dapat menyebabkan mabuk, tetapi saya tidak pernah benar-benar mengalaminya saat mengolah menjadi masakan," kata Michael kepada Metro.co.uk.

"Di restoran, kami menggunakan jamur truffle Wiltshire Inggris dan sejauh ini tidak ada tamu yang mulai berhalusinasi. Ini adalah konsep yang cukup menarik untuk dipikirkan, apakah pengalaman seperti ini dapat dimasukkan sebagai bagian dari makanan - mungkin menu saya berikutnya akan lebih menarik."

Tetapi untuk dijadikan makanan yang berefek mabuk dan rileks tampaknya truffle bukan pilihan tepat. Bahan makanan ini terbilang langka dan sulit ditemukan, demikian juga harganya yang sangat mahal.

Saat ini jenis jamur truffle hitam asal Italia dibanderol dengan harga sekitar £195 (Rp 3,7 juta) untuk 100 gram atau Rp 30,7 juta per 1 kilogram.



Simak Video "Mewah! Citarasa Bakmi Truffle Seharga Rp 149 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)