Bakmi Ndeso

5 Mie Ndeso dari Jawa Barat, Mie Glosor hingga Ragit yang Nikmat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 17 Nov 2021 16:00 WIB
5 Mie Ndeso dari Jawa Barat, Mie Glosor hingga Ragit yang Nikmat
Foto: iStock
Jakarta -

Dari Jawa Barat, ada lima mie ndeso yang enak dan layak kamu coba. Mulai dari mie glosor khas Bogor hingga ragit yang ikonik dari Indramayu.

Penggemar olahan mie tradisional bisa puaskan selera saat bertandang ke beberapa kota di Jawa Barat. Ada racikan mie khas yang begitu nikmat dengan paduan beberapa bahan.

Dari Bandung, misalnya, ada mie kocok yang begitu terkenal dengan topping kikilnya yang lembut. Namun tahukah kamu kalau di Tasikmalaya, ada juga mie khas yang tak kalah nikmat?

Lalu di Bogor ada mie tradisional berwarna kuning cerah yang teksturnya kenyal lembut. Mie ini bukan dibuat dari tepung terigu, melainkan tepung sagu. Kehadiran mie ini begitu ikonik karena biasanya populer di bulan Ramadan.

Mie ndeso apa lagi yang enak dari Jawa Barat? Berikut detikfood merangkum informasinya:

1. Mie Tasik

5 Mie Ndeso dari Jawa Barat, Mie Glosor hingga Ragit yang Nikmat5 Mie Ndeso dari Jawa Barat, Mie Glosor hingga Ragit yang Nikmat Foto: detikfood

Sesuai namanya, mie ini berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat. Mie Tasik dikenal dengan penggunaan toppingnya yang beragam. Mulai dari ayam cincang, bakso, tahu bakso, ceker, hingga pangsit rebus.

Namun ada satu topping mie Tasik yang khas yaitu babat hitam. Lembaran babat ini bertekstur empuk dan kenyal. Babat yang dipakai bersih, tanpa bau amis sama sekali.

Salah satu penjual mie Tasik legendaris di kota asalnya adalah Mie Bakso Laksana. Rumah makan ini berada tak jauh dari Masjid Agung. Berdiri sejak tahun 1970-an, Mie Bakso Laksana menawarkan mie bakso kuah spesial dengan isian babat seharga Rp 35 ribu. Kalau di Jakarta, kamu bisa mencicipi mie Tasik enak di Mang Obeth yang berlokasi di Rawamangun, Jakarta Timur.

Baca Juga: Gurih Mantap! Si Raja Bakso di Tasikmalaya yang Legendaris Ini



Simak Video "Bikin Laper: Sedap Banget Buka Puasa Pakai Mie Kocok Fenomenal "
[Gambas:Video 20detik]