Anak Ini Hampir 10 Tahun Hanya Makan Nugget, Ini Kisahnya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Selasa, 16 Nov 2021 11:30 WIB
Kisah Anak 11 Tahun yang Akhirnya Bisa Makan Selain Nugget Sejak Usia 1,5
Foto: Daily Mail
Jakarta -

Beberapa anak alami gangguan makan yang mengkhawatirkan. Misalnya anak perempuan 11 tahun ini yang tadinya hanya bisa makan nugget ayam sejak usia 1,5 tahun. Begini kondisinya sekarang.

Gangguan makan dialami beberapa anak di dunia. Tak sekadar menolak makanan tertentu, gangguan makan pada anak bisa jauh lebih parah. Salah satunya fobia makanan atau takut pada makanan tertentu.

Jessica Thompson, anak perempuan 11 tahun asal Swindon, Inggris ini menghabiskan hidupnya hanya dengan makan nugget ayam setelah ia menolak coba makanan baru di usia 18 bulan (1,5 tahun). Kondisi ini membuat ibunya frustasi.

Mengutip Daily Mail (11/11/21), ibu Jessica yaitu Julia Cain tak tahu hal apa yang membuat anaknya alami gangguan makan? Usai mencari bantuan profesional, Julia mengetahui kalau anaknya mengalami Avoidant Restrictive Food Intake Disorder (ARFID).

Orang-orang yang didiagnosa ARFID memiliki fobia akan tekstur, aroma, dan penampilan makanan secara umum. Merekapun bakal menolak untuk mencicipi makanan itu.

Kini setelah beberapa minggu menghadiri sesi hipnoterapi, pola makan Jessica membaik. Ia bisa menikmati makan malam dengan menu aneka panggang, juga banyak buah dan sayur.

Awalnya mau coba banyak makanan

Kisah Anak 11 Tahun yang Akhirnya Bisa Makan Selain Nugget Sejak Usia 1,5Kisah Anak 11 Tahun yang Akhirnya Bisa Makan Selain Nugget Sejak Usia 1,5 Foto: Daily Mail

Diceritakan Julia, awalnya Jessica mau mencicipi berbagai makanan saat masih kecil. Namun semuanya tiba-tiba terhenti karena dirinya hanya mau makan nugget ayam.

Jessica juga sempat mau makan 3-4 jenis makanan dengan kentang goreng, namun berakhir tak menghabiskannya. "Di kotak bekal makan siangnya, hanya ada roti tawar, tanpa ada pelengkap makanan lain di dalam atau di sampingnya," kata Julia.

Dirinyapun sedih karena sebagai keluarga, mereka tak pernah mencicipi momen makan malam Natal bersama karena Jessica bakal menolak makan. "Dia akan memilih makan sepiring nugget dan satu tahun, ia memilih selembar roti kering," ujar Julia.