ADVERTISEMENT

Sayang Dimakan! Kubis Cantik Ini Bentuk dan Warnanya Mirip Bunga

Devi Setya - detikFood
Selasa, 09 Nov 2021 13:00 WIB
Sayang Dimakan! Kubis Cantik Ini Bentuk dan Warnanya Mirip Bunga
Foto: Odditty Central
Jakarta -

Jika melihat dari kejauhan pasti banyak orang mengira sedang melihat kebun bunga. Padahal tanaman ini adalah kubis yang biasa dijadikan masakan.

Selama ini banyak orang mengenal dua jenis kubis atau kol yakni kubis putih dan kubis ungu. Tapi dunia pertanian tampaknya berkembang dengan sangat pesat. Kini bahkan ada kubis yang tampilannya cantik mirip bunga.

Kubis biasanya dijadikan campuran pada sup, dijadikan salad atau dimasak bersama aneka makanan lainnya. Di Indonesia pun kubis atau kol kerap jadi campuran capcay dan tongseng.

Sayang Dimakan! Kubis Cantik Ini Bentuk dan Warnanya Mirip BungaSayang Dimakan! Kubis Cantik Ini Bentuk dan Warnanya Mirip Bunga Foto: Odditty Central

Dilansir dari Oddity Central (1/11) di Jepang ada para petani yang mengembangkan varietas kubis terbaru yang tampilannya super cantik. Orang yang baru pertama kali melihat kubis ini pasti menyangka ini adalah tanaman bunga.

Kubis merupakan tanaman tua karena sudah ditemukan dan dijadikan campuran masakan sejak 4.000 tahun yang lalu. Kemudian para petani di Jepang mulai mengembangkan kubis hias di abad ke-20. Kubis cantik ini memiliki kombinasi warna yang unik dan cantik.

Ada beberapa warna kubis cantik yang dikembangkan di Jepang ini seperti warna ungu, putih dan merah muda. Untuk menghasilkan kubis cantik seperti ini, dibutuhkan proses penanaman yang khusus, termasuk suhu penanaman. Kubis ini hanya bisa tumbuh cantik di suhu udara yang dingin bahkan cenderung beku.

Kubis ini dapat bertahan hidup pada suhu rendah yakni 5 derajat Fahrenheit (-15 C). Jadi ketika musim dingin tiba, para petani di Jepang akan mulai menanam kubis ini. Ribuan hektare lahan yang ditanami kubis cantik ini tampak seperti hamparan kebun bunga yang bermekaran.

Sayang Dimakan! Kubis Cantik Ini Bentuk dan Warnanya Mirip BungaSayang Dimakan! Kubis Cantik Ini Bentuk dan Warnanya Mirip Bunga Foto: Odditty Central

Kubis cantik ini bisa dimakan namun rasanya tidak seenak kubis biasa. Kubis hias ini memiliki rasa yang cenderung agak pahit. Meskipun demikian tapi peminatnya tetaplah banyak karena kubis ini populer dijadikan hiasan.

Selain bisa mencoba membeli kubis cantik ini untuk ditanam kembali, kamu juga bisa mendapatkan bibitnya. Bibit kubis ini bisa didapatkan dengan harga yang jauh lebih murah. Teknik penanaman kubis ini juga tidak sulit, hanya saja perlu ditanam di suhu yang rendah.



Simak Video "Pedas Menggugah Sambal Cobek Bakar dengan Aneka Lauk"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT