Viral Prank Suami Cicip Masakan Istri, Ini Cara Komentari Masakan Istri Menurut Islam

Riska Fitria - detikFood Jumat, 05 Nov 2021 07:00 WIB
Viral Prank Suami Cicip Masakan Istri, Ini Cara Komentari Masakan Istri Menurut Islam Foto: iStock
Jakarta -

Viral tren prank suami cicip masakan istri keasinan buat tahu reaksinya. Ternyata begini cara mengomentari masakan istri dalam ajaran Islam.

Beberapa hari ini viral di TikTok seorang istri ngeprank suami untuk cicip masakan keasinan karena sengaja di kasih garam. hal itu untuk mengetahui reaksi dari sang suami.

Reaksinya pun beragam, ada yang secara terang-terangan mengomentari masakan istri, dan ada pula yang berpura-pura mengatakan bahwa masakan istri enak walau sebenarnya keasinan.

Seperti yang dilakukan oleh TikToker lewat akunnya @alpiyancindy (31/10). Dalam videonya sang istri terlihat sedang masak, kemudian ia mengambil sedikit kuah menggunakan sendok dan diberi garam.

Viral Prank Suami Cicip Masakan Istri, Ini Cara Komentari Masakan Istri Menurut IslamViral Prank Suami Cicip Masakan Istri, Ini Cara Komentari Masakan Istri Menurut Islam Foto: iStock

Baca Juga: Diprank Istri Cicip Masakan Keasinan, Reaksi Suami Ini Tuai Pujian

Saat dicicip oleh sang suami, reaksinya pun membuat netizen terharu. Sebab, demi menjaga perasaan istri, pria tersebut mengatakan bahwa rasa masakannya enak.

Dalam hal ini, Islam pun mengajarkan bagaimana cara yang baik mengomentari masakan istri. Ajaran ini pernah juga dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW kepada istrinya.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, "Nabi Muhammad SAW tidak pernah mencela makanan sama sekali. Jika beliau selera maka beliau memakannya, jika tidak maka beliau meninggalkannya," (HR. Ahmad 9755 dan Muslim 5504).

Viral Prank Suami Cicip Masakan Istri, Ini Cara Komentari Masakan Istri Menurut IslamViral Prank Suami Cicip Masakan Istri, Ini Cara Komentari Masakan Istri Menurut Islam Foto: iStock

Dalam kisahnya, Nabi Muhammad SAW pernah mengajak Khalid bin Walid untuk makan di rumah istrinya yang bernama Maimunah. Maimunah merupakan saudara perempuan dari Ibunda Khalid.

Saat itu, Maimunah menyiapkan makanan berupa daging dhab, daging dari hewan sejenis biawak. Mendengar itu, Nabi yang semula ingin mengambil makanan langsung menarik tangannya kembali.

Kemudian Khalid pun bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah daging dhab haram?,". Kemudian Rasulullah SAW menjawab, "Tidak, hanya saja, daging dhab ini tidak terdapat di daerah kaumku. Karena itu saya merasa kurang berselera memakannya,".

Cara menolak masakan istri tersebut dapat dijadikan contoh untuk para suami. Para suami diajarkan untuk tetap bersikap santun, tidak mencela masakan yang dapat melukai hati istri.

Viral Prank Suami Cicip Masakan Istri, Ini Cara Komentari Masakan Istri Menurut IslamViral Prank Suami Cicip Masakan Istri, Ini Cara Komentari Masakan Istri Menurut Islam Foto: iStock

"Berbuat baiklah kepada perempuan karena sesungguhnya mereka diciptakan dari tulang rusuk, dan sesungguhnya tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas. Maka bersikaplah yang baik dengan perempuan," (HR al-Bukhari).

Hal tersebut juga berdasarkan perintah Allah SWT, lewat firmannya dalam surah Ali Imran ayat 159.

"Maka disebabkan rahmat dari Allah lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka, sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu," (QS. Ali Imran:159).

Baca Juga: 5 Aksi Suami Protes Masakan Istri Ini Bikin Netizen Ikut Emosi



Simak Video "Kreasi Liwetan Ala Chef Steby bersama ABC Sambal Nusantara"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com