Makan Nasi Uduk Rp 800 Ribu di London, Netizen: Di Sini Rp 13 Ribuan

Devi Setya - detikFood Selasa, 02 Nov 2021 18:00 WIB
Makan Nasi Uduk Rp 800 Ribu di London, Netizen: Di Sini Rp 13 Ribuan Foto: TikTok @yuanathan
Jakarta -

Seorang pria asal Indonesia mencoba makan nasi uduk di London. Ia menghabiskan Rp 800 ribu untuk sekali makan nasi uduk, harga ini pun bikin geger netizen Indonesia.

Pengguna akun Tiktok @yuanathan atau akrab disapa Onat Siahaan membuat konten video saat ia menyantap nasi uduk di London. Onat yang sedang menempuh pendidikan di Inggris ini memang beberapa kali membuat video yang menunjukkan pengalaman kulinernya.

Kali ini Onat membagikan video saat ia menikmati nasi uduk di London. "How expensive is nasi uduk in London?" tulis Onat dalam videonya.

Makan Nasi Uduk Rp 800 Ribu di London, Netizen: Di Sini Rp 13 RibuanMakan Nasi Uduk Rp 800 Ribu di London, Netizen: Di Sini Rp 13 Ribuan Foto: TikTok @yuanathan

Ia kemudian menyambangi restoran Bali Bali yang merupakan rekomendasi dari netizen juga. Untuk menikmati nasi uduk, Onat akhirnya mendatangi restoran ini.

Area restoran dihadirkan dengan konsep kasual, Onat bahkan mengatakan berada di dalam resto ini serasa sedang ada di rumah. Tak mau buang waktu, Onat langsung memesan nasi uduk dengan lauk pelengkapnya yakni bakwan, emping, rendang dan telur balado.

Untuk menyantapnya, Onat menunjukkan ekspresi sedih karena harus makan nasi uduk menggunakan sendok dan garpu. Diakui Onat, rasa nasi uduk dan aneka lauk khas Indonesia ini memang enak. Ia bahkan menyantap ludes semua menu yang dipesan.

"Nasi uduk termewah yang pernah ku santap. Terima kasih rekomendasinya" ujar Onat dalam videonya.

Di sini Onat menunjukkan struk pembayaran untuk nasi uduk yang disantapnya. Ia membayar sebesar 41.97 poundsterling atau sekitar Rp 816 ribu.

Harga nasi uduk ini pun mengundang reaksi netizen. Puluhan netizen mengomentari nasi uduk yang harganya Rp 800 ribu untuk sekali makan.

Makan Nasi Uduk Rp 800 Ribu di London, Netizen: Di Sini Rp 13 RibuanMakan Nasi Uduk Rp 800 Ribu di London, Netizen: Di Sini Rp 13 Ribuan Foto: TikTok @yuanathan

"Rp 800 ribu sekali makan di inggris??? jangan sampek ibukku liat wkwkwkw," kata netizen.

"Padahal buatnya gampang kak, pakai rice cooker bisa. Tinggal nasi + santan + daun pandan + sereh + daun salam, kalau mau pakai irisan daun jeruk juga bisa," sahut netizen yang memberi tutorial cara membuat nasi uduk.

"Bang jualan nasi goreng trus harganya 50rb bang pasti laku di Inggris," sahut netizen lain.

"800rb?? ya ampun disini 13ribu-an," kata netizen yang menyamakan harga nasi uduk di Indonesia.

Onat mengatakan harga makanan Indonesia di Inggris memang cenderung mahal dibandingkan harga di Indonesia namun ia menilai harga ini standar. "Termasuk standar sih ini. Makanan Indonesia kalau di sini jadi makanan mewah," kata Onat (2/11).

Meskipun harganya terbilang tinggi tapi Onat tidak menyesal karena makanan ini bisa menjadi obat rasa kangennya pada kampung halaman. Selain nasi uduk, Onat juga pernah membagikan momen saat ia makan nasi Padang, nasi goreng bahkan siomay.



Simak Video "Bikin Laper: Nasi Bakar Pak Yudhi yang Mirip Sajian Hari Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com