Sisca Kohl Doyan Banget Caviar, Ternyata Ini Proses Panen Caviar

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 02 Nov 2021 17:00 WIB
Sisca Kohl Doyan Banget Caviar, Ternyata Ini Proses Panen Caviar
Foto: TikTok/senjaa705
Jakarta -

Telur ikan beluga atau dikenal sebagai caviar jadi salah satu makanan mahal yang populer. Ternyata begini proses panen caviar yang jadi makanan favorit Sisca Kohl.

Ide penggunaan telur ikan segar dalam penyajian makanan semakin lama semakin berkembang. Berbagai makanan bisa saja disajikan dengan tambahan telur ikan berjenis caviar dalam pengolahannya.

Berasal dari telur ikan beluga, harga caviar dibanderol mahal. Untuk ukuran satu kaleng caviar seberat satu kilogram bahkan bisa dibanderol mencapai Rp 170 juta hingga Rp 500 juta.

Tetapi walaupun harganya dibanderol sangat mahal, makan ini justru menjadi salah satu makanan yang tengah populer. Sisca Kohl menjadi salah satu selebriti yang seringkali menggunakan caviar sebagai topping pada makanan-makanan mahalnya di TikTok.

Baca juga: Saingi Sisca Kohl, Netizen Ini Makan Nugget Caviar Senilai Rp 30 Juta!

Sisca Kohl Doyan Banget Caviar, Ternyata Ini Proses Panen CaviarSisca Kohl Doyan Banget Caviar, Ternyata Ini Proses Panen Caviar Foto: TikTok/senjaa705

Melalui proses panen yang panjang, pengambilan caviar dari perut ikan beluga diperlihatkan melalui unggahan akun TikTok @senjaa705 (28/10). Seekor ikan beluga yang sudah ditangkap kemudian dibelah bagian perutnya untuk diambil kantung telurnya.

Setelah kantung telur diambil selanjutnya, caviar akan dipisahkan dengan bagian perut yang menempel. Setelah bersih dari lapisan kantung telur dan bagian dalam perut, caviar kemudian akan dipilah-pilah dan yang rusak akan dibuang.

Caviar juga akan melewati proses pencucian untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang masih menempel. Uniknya caviar-caviar ini akan masuk ke sebuah tabung khusus yang mampu mencuci caviar hingga sangat bersih tanpa merusak bentuk caviar.

Setelah dicuci dan dikeringkan, caviar akan memasuki proses pemeriksaan kualitas atau quality control. Caviar-caviar yang lolos uji kualitas ini akan langsung dikemas.

Sisca Kohl Doyan Banget Caviar, Ternyata Ini Proses Panen CaviarSisca Kohl Doyan Banget Caviar, Ternyata Ini Proses Panen Caviar Foto: TikTok/senjaa705

Pengemasan caviar ini cukup beragam. Ada yang dikemas dalam kaleng berukuran 1 kilogram ada juga dalam ukuran yang lebih kecil yaitu 30 gram. Setelah selesai dikemas, caviar-caviar ini akan siap dipasarkan ke berbagai negara.

Saat dilihat oleh detikcom (2/11) unggahan tentang proses panen caviar ini telah disaksikan hingga lebih dari 8,1 juta kali. Ribuan komentar juga terlihat memenuhi unggahan video tersebut.

"Gue pernahnya makan caviar versi low budget alias selasih," tulis akun @its.angeliarha.

"Dia bertelurnya lama, tapi sekali bertelur langsung diambil telurnya sama manusia. Kapan berkembang biaknya," tulis akun @anna_creating.

Baca juga: 5 Fakta Caviar, Telur Ikan Super Mahal yang Jadi Favorit Sisca Kohl



Simak Video "Eksperimen Es Krim BTS Meal Sisca Kohl Dikritik Netizen"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)