ADVERTISEMENT

Jago Masak! Ustadz Khalid Basalamah Tunjukkan Aksi Masak Umm Ali

Devi Setya - detikFood
Sabtu, 30 Okt 2021 13:00 WIB
Jago Masak! Ustadz Khalid Basalamah Tunjukkan Aksi Masak Umm Ali
Foto: YouTube Ustadz Khalid Basalamah Official
Jakarta -

Ustadz Khalid Basalamah bukan hanya dikenal sebagai penceramah saja tapi ia juga pemilik restoran. Selain itu ia juga terkenal jago masak.

Dikenal luas sebagai penceramah, Ustadz Khalid Basalamah kerap menyampaikan berbagai materi soal ajaran agama Islam. Ia juga dikenal aktif menyampaikan ceramah lewat channel YouTubenya Khalid Basalamah Official.

Disamping itu, pria berjanggut ini ternyata juga hobi masak. Restorannya di bilangan Condet, Jakarta Timur menyajikan masakan Timur Tengah. Beberapa menu andalannya ternyata bisa dibuat oleh Ustadz Khalid Basalamah.

Jago Masak! Ustadz Khalid Basalamah Tunjukkan Aksi Masak Umm AliJago Masak! Ustadz Khalid Basalamah Tunjukkan Aksi Masak Umm Ali Foto: YouTube Ustadz Khalid Basalamah Official

Dalam video yang diunggah 22 September 2021 memperlihatkan aksi Ustadz Khalid Basalamah saat memasak beberapa menu. Di sini terlihat Ustadz Khalid mahir meracik makanan.

Ada tiga menu yang ia buat yakni Abu Ali, Umm Ali dan Foul Medamas. Dua hidangan manis dan satu hidangan gurih berbahan dasar ikan tuna yang dimasak dengan berbagai jenis bumbu.

Menu pertama yang dibuat adalah Abu Ali yakni hidangan manis berbahan dasar air jahe yang dicampur dengan susu, kurma, kismis dan berbagai bahan lainnya.

"Berkreasilah berinovasi lah karena dalam Islam tidak melarang dalam memasak. Laki- laki boleh memasak. Rasulullah SAW pernah memasak sampai jenggot beliau terkena asap. Saat jihad juga para sahabat memasak dengan panci-panci," kata Ustadz Khalid Basalamah.

Menu yang juga dibuat adalah Umm Ali, dessert ala Timur Tengah ini juga termasuk menu andalan di restoran Ajwad milik Ustadz Khalid Basalamah.

"Buat umm ali kita pakai jahe gajah supaya pedas segar. Ketika memasak jangan berantakan. Pertama kita merebus susu tambah air jahe. Tambah kurma dan susu kental manis. Kasih kismis," terang Ustadz Khalid sambil memasak.

Jago Masak! Ustadz Khalid Basalamah Tunjukkan Aksi Masak Umm AliJago Masak! Ustadz Khalid Basalamah Tunjukkan Aksi Masak Umm Ali Foto: YouTube Ustadz Khalid Basalamah Official

Bukan hanya menu manis saja, Ustadz Khalid juga membuat menu hidangan gurih bernama Foul Medamas. Hidangan ini terdiri dari campuran ikan tuna yang dimasak bersama telur dan kacang Foul. Aneka bumbu juga turut dicampurkan mulai dari bawang bombai, tomat, cabai rawit, lada putih, jintan bubuk hingga kunyit.

Tiga menu ini menjadi andalan di restoran milik Ustadz Khalid. Jadi kalau ingin menikmatinya bisa langsung berkunjung ke restorannya atau bisa dicoba di rumah. "Semoga ilmu ini bermanfaat karena ilmu bukan hanya ilmu agama tetapi juga semua ilmu yang bermanfaat. Semoga bisa dicoba dan disajikan untuk menu di rumah," pungkas ustadz Khalid Basalamah.



Simak Video "Kata Ustaz Khalid Basalamah soal Persepsi Kambing Makanan Tak Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT