Martabak Manis Ditemukan Sosok Pemimpin Militer China, Ini Sejarahnya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 26 Okt 2021 13:00 WIB
Martabak Manis Ditemukan Sosok Pimpinan Militer China, Ini Sejarahnya Foto: Getty Images/iStockphoto/Dwi Endah P
Jakarta -

Martabak manis dengan isian keju, kacang, hingga cokelat begitu digemari di Indonesia. Tapi tahukah kamu sejarah martabak manis? Kudapan ini ternyata bukan berasal dari Arab atau India.

Membicarakan martabak, banyak orang langsung mengasosiasikannya dengan kuliner Arab atau India. Namun martabak yang dimaksud adalah martabak telur bercita rasa gurih enak.

Konon martabak telur berasal dari Yaman, yang kemudian dibawa oleh pedagang India ke Asia Tenggara. Martabak diperkenalkan oleh para pedagang Muslim Tamil.

Martabak berasal dari kata "mutabar" yang merupakan gabungan dua kata. Kata tersebut adalah "muta" yang berarti telur dan "bar" yang merupakan singkatan kata "barota" atau "bratha" alias roti.

Martabak Manis Ditemukan Sosok Pimpinan Militer China, Ini SejarahnyaMartabak Manis Ditemukan Sosok Pemimpin Militer China, Ini Sejarahnya Foto: Getty Images/iStockphoto/Dwi Endah P

Lalu untuk kembaran martabak telur yaitu martabak manis, ternyata punya sejarah berbeda. Kudapan ini bukan berasal dari Arab atau India.

Martabak manis sendiri sangat populer di Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, hingga Thailand. Sebutannya ada banyak yaitu apam balik, terang bulan, ban jian kueh, min chiang kueh, dai gau min, chin loong pau, dan kap biang.

Mengutip Says Malaysia (25/10/21), martabak manis konon berasal dari China, tepatnya provinsi Fujian. Kemunculan martabak manis tak bisa dipisahkan dari sosok General Tso Tsung T'ang yang merupakan pimpinan militer Dinasti Qing.

Tahun 1855, ia dikirim ke Fujian untuk memimpin pasukan tentara. General Tso ditunjuk untuk melawan para pemberontak. Saat itu, makanan yang biasa dinikmati warga lokal Fujian dan para tentara adalah roti tipis (flatbread) dengan topping daun bawang dan saus sambal.

Alih-alih menggunakan bahan makanan yang biasa, General Tso putuskan mengganti daun bawang dengan gula pasir dan kacang tanah karena lebih mudah didapat di Fujian. Kudapan eksperimennya ini lantas menyebar dengan cepat di seluruh Fujian.

Martabak Manis Ditemukan Sosok Pimpinan Militer China, Ini SejarahnyaMartabak Manis Ditemukan Sosok Pemimpin Militer China, Ini Sejarahnya Foto: Getty Images/iStockphoto/Dwi Endah P

Cikal bakal martabak manis ini banyak dijual sebagai jajanan kaki lima di sana. Kemudian seiring waktu, para imigran dari Fujian memperkenalkan martabak manis ke negara-negara Asia Tenggara.

Martabak manispun jadi kudapan favorit sampai sekarang. Kreasinya kini amat unik dan beragam. Ada yang adonannya tipis kering (tipker), diberi isian keju berlimpah, hingga diisi topping-topping premium.

Tak sedikit juga martabak manis yang dibuat dengan adonan aneka rasa. Beberapa yang populer adalah adonan martabak rasa cokelat, red velvet, dan pandan. Yang mana favoritmu?



Simak Video "Puas Ngemil Martabak Flamboyan dengan Isian Berlimpah"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com