Jadi Langganan SBY, Ada Bakso hingga Nasi Pecel yang Hits Sampai Sekarang

Sonia Basoni - detikFood Senin, 18 Okt 2021 17:00 WIB
SBY melukis karyanya yang diberi judul I Understand More the Meaning of Life Foto: Instagram SBY
Jakarta -

Hobi kulineran sejak dulu mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono punya banyak tempat makan langganan. Mulai dari bakso dekat rumahnya sampai nasi pecel enak di Madiun.

Menjabat sebagai presiden di Indonesia dari tahun 2004-2014. Banyak kenangan yang ditebarkan oleh Presiden SBY semasa jabatannya berlangsung. Politisi berusia 72 tahun ini selain gemar melukis dan menyanyi, juga punya hobi kulineran yang seru.

Tak terhitung berapa banyak tempat makan hingga restoran di berbagai daerah yang dipilihnya untuk sarapan, sampai makan siang. Untuk masalah selera makan, Presiden ke-6 Republik Indonesia ini tak neko-neko. Ia lebih suka makanan tradisional yang sederhana dan merakyat.

Misalnya Bakso Sukowati di daerah Cikeas yang jadi langganan beliau dan keluarganya. Begitu juga rawon sampai nasi pecel di Madiun yang legendaris rasanya.

Berikut lima tempat kulineran langganan SBY yang sampai sekarang masih hits dan diburu banyak orang.

Baca Juga: Ini Rahasia Warung Rampal Menjaga Kelezatan Soto dan Rawon Selama 64 Tahun

1. Bakso Sukowati

Bakso Sukowati CikeasBakso Sukowati Cikeas Foto: dok. detikFood


Mampir ke wilayah Cikeas ada kedai bakso legendaris. Bakso Sukowati terkenal sebagai bakso yang disukai oleh SBY dan keluarga sejak dulu.

Berjualan sejak tahun 1994, Bakso Sukowati mulai terkenal setelah menjadi langganan dari keluarga mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Bahkan SBY sudah berlangganan bakso asal Sragen ini jauh sebelum beliau menjabat menjadi presiden.

Satu porsi bakso Sukowati dihargai Rp 20.000. Terdiri enam butir bakso polos, mie, dan ditaburi bawang goreng serta seledri. Aroma dari kuah bakso yang mengepul panas begitu gurih menggugah selera. Baksonya berukuran sedang, ketika dipotong, tekstur bakso cukup kenyal dan lembut.

Tidak heran SBY dan keluarga selalu memesan bakso ini, mulai dari acara keluarga hingga acara kenegaraan dulu yang sering digelarnya.

2. Ayam Goreng Madukoro

Ayam Goreng Madukoro : Gurih Empuk Ayam Kampung Goreng Langganan SBYAyam Goreng Madukoro : Gurih Empuk Ayam Kampung Goreng Langganan SBY Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Meskipun memakai ayam kampung tapi ayam goreng Madukoro rasanya empuk. Tak heran kalau SBY jadi langganan karena kepincut rasa ayam goreng ini.

Restoran yang berlokasi di Pondok Gede, Jakarta Timur ini terbilang legendaris karena sudah ada sejak 1989. Sebelumnya, Ayam Goreng Madukoro eksis di Solo dan sudah ada sejak 1967. Sesuai dengan namanya, Ayam Goreng Madukoro mengandalkan menu ayam goreng sebagai menu utama. Ayam goreng ini dibuat menggunakan jenis ayam kampung.

Ada menu porsi setengah ekor ayam kampung ini termasuk bagian kepala ayam, dada, sayap dan paha. Semuanya dihidangkan utuh alias tidak dipotong-potong. Paket ayam goreng ini juga termasuk sambal dan kremesan yang disajikan dalam wadah terpisah, kisaran harganya sekitar Rp 69.000 saja sudah bisa makan kenyang lho. Tak heran SBY ketagihan dengan ayam goreng ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Icip-icip Mie Ayam Langganan SBY yang Ada di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com