Penjual Nasi Goreng Ini Pakai Robot, Ternyata Ada Alasan Haru

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 17 Okt 2021 19:00 WIB
Penjual Nasi Goreng Ini Pakai Robot, Ternyata Ada Alasan Haru Foto: TikTok/revan.z22
Jakarta -

Gunakan bantuan robot untuk mengaduk nasi goreng, penjual ini sempat dibully. Ternyata ini alasan di balik penggunaan robotnya.

Inovasi tidak hanya bisa diterapkan pada tempat-tempat mewah saja. Perkembangan teknologi sangat wajar untuk digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat guna membantu meringankan pekerjaan.

Terlebih jika ada keterbatasan fisik yang memang sangat memerlukan bantuan dari kehadiran rangkaian mesin ataupun robot buatan manusia. Terkadang penggunaan teknologi terutama yang membantu penyajian makanan seringkali berhasil menarik perhatian para pelanggan yang penasaran dengan kecanggihan teknologi yang digunakan.

Salah satunya penggunaan robot buatan oleh seorang pedagang nasi goreng gerobakan. Awalnya dirinya sempat dibully di media sosial, tapi ternyata ada alasan khusus yang membuat ia menciptakan robot pengaduk nasi goreng.

Baca juga: Keren! 4 Robot Buatan Indonesia Ini Bisa Bikin Nasi Goreng dan Telur Goreng

Penjual Nasi Goreng Ini Pakai Robot, Ternyata Ada Alasan HaruPenjual Nasi Goreng Ini Pakai Robot, Ternyata Ada Alasan Haru Foto: TikTok/revan.z22

Mengutip TikTok @revan.z22 (12/10), seorang pedagang nasi goreng di daerah Malang terlihat menggunakan mesin atau robot yang menggantung tepat di bagian atas wajannya. Ternyata alat yang digantungkan tersebut berfungsi untuk membantunya mengaduk nasi goreng buatannya.

"Nasi goreng modern pakai robot di Malang," tulis keterangan pemilik akun dalam video tersebut.

Sayangnya, respon netizen terhadap video unggahan tersebut cenderung negatif. Beberapa mengatakan bahwa penggunaan alatnya tidak higienis, karatan, dan bahkan dibilang akan mengontaminasi nasi goreng dengan oli yang digunakan.

Dalam unggahan lainnya, pemilik akun menunjukan secara detail bahwa alat yang digunakan sudah dipastikan bersih dan steril. Tidak ada penggunaan oli ataupun bahan berbahaya lainnya yang bisa masuk ke dalam makanan.

Dikonfirmasi oleh detikcom (16/10), pedagang nasi goreng tersebut bernama Pak Dartadi. Biasa berjualan di Jalan Muharto Gang 5, Malang. Alasan pak Dartadi menggunakan bantuan alat adalah karena tangannya yang tidak lagi dapat berfungsi dengan baik akibat kecelakaan.

Penjual Nasi Goreng Ini Pakai Robot, Ternyata Ada Alasan HaruPenjual Nasi Goreng Ini Pakai Robot, Ternyata Ada Alasan Haru Foto: TikTok/revan.z22

Patah tulang di bagian pundak hingga lengan bagian atas membuat pak Dartadi tidak bisa mengaduk nasi goreng dengan sempurna. Ia lantas memutar otak untuk menciptakan alat buatan yang membantu dirinya dan mempermudah pekerjaannya.

Akibat kecelakaan tersebut, pak Dartadi memang menderita cedera yang cukup parah. Tangan kirinya tak lagi bisa berfungsi normal. Patah di bagian bahu hingga lengan bagian atas pada tangan kirinya membuat pak Dartadi hanya bisa menggunakan tangan kanannya yang masih mampu bekerja normal.

Seluruh unggahan pada akun TikTok @revan.z22 tentang pak Dartadi ini sudah dilihat lebih dari 2 juta kali. Berbagai komentar mendukung juga terlihat membanjiri unggahan dan mendoakan pak Dartadi.

"Yang bilang pake mesin cuma buat viral aja, ini liat ada alasan sendiri dari bapaknya," tulis akun @inirindaaa.

"Semoga lancar dan berkah rezekinya pak," tulis akun @mingstore.id.

Baca juga: Keren! Penjual Minuman Kaki Lima Ini Pakai Robot Buat Racik Minuman



Simak Video "Nasi Goreng Tiwul, Menu Khas Waduk Bendo Ponorogo"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com