5 Fakta Menjijikkan Daging Sapi yang Pernah Diungkap

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 12 Okt 2021 08:00 WIB
Female cook holding wooden board of raw and frozen beef  meat. Foto: Getty Images/iStockphoto/MarianVejcik

3. Daging Sapi Giling Mengandung Kotoran

Raw Ground Beef with Fresh Herbs and Spices- Photographed on Hasselblad H3D2-39mb CameraRaw Ground Beef Foto: iStock

Percaya atau tidak, kebanyakan daging sapi yang sudah dicincang atau digiling ternyata mengandung kotoran. Hal ini dihimpun dari data yang diterbitkan oleh Consumer Reports di tahun 2015 lalu. Mereka menyebutkan dari 300 paket daging sapi giling, yang mereka beli di 26 kota berbeda di Amerika.

Hampir 103 paket daging giling di antaranya positif mengandung kotoran. Karena daging giling ini sudah bercampur menjadi satu, para peneliti memang menemukan jejak atau kandungan kotoran dari sapi di seluruh bagian daging.

Jadi mereka menyarankan untuk tetap memasak daging sapi hingga matang. Terutama ketika mempersiapkan daging sapi yang masih mentah, sebaiknya gunakan sarung tangan karena bisa saja ada bakteri atau virus dari sisa kotoran yang tercampur di daging giling tersebut.

4. Mengandung Rambut Tikus

Mau Bikin Steak dari Daging Kurban? Ikuti Tips 'Dims The Meat Guy'Steak Foto: iStock

Rambut atau bulu tikus, mungkin menjadi hal terakhir yang dibayangkan orang-orang ketika membeli produk daging sapi giling di supermarket, atau di pasar. Setelah bagian daging giling yang mungkin saja tercampur dengan kotoran atau feses sapi.

Muncul lagi fakta mengejutkan lainnya, bahwa daging sapi giling sering mengandung rambut atau bulu tikus. Di Amerika contohnya, standard daging sapi bisa disebut sebagai produk daging hanya perlu mengandung 35% daging sapi. Sisa 65% nya bisa dicampur dengan apapun.

Misalnya tepung jagung, air, kedelai, pewarna makanan atau bahkan rambut atau bulu dari tikus. Bahkan menurut FDA, tidak masalah setiap 100 gram olahan makana atau daging giling sapi mengandung 4 helai rambut tikus.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cara Menghitung Protein Daging Sapi-Kambing yang Harus Dikonsumsi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com