Masih Hangat Topik Warkop Kena Santet, Netizen Bagikan Pengalaman Serupa!

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 08 Okt 2021 19:30 WIB
Warung Kopi Asiang Pontianak Foto: detikfood
Jakarta -

Masih hangat topik seputar warkop yang dipercaya kena santet atau kiriman ilmu hitam. Banyak netizen di Twitter yang membagikan pengalaman serupa tentang bisnis kuliner mereka.

Berawal dari pengguna Twitter @shine4uuu (04/10), yang membagikan tentang pengalamannya di mana warkop milik keluarganya terkena kiriman ilmu hitam. Seperti santet hingga guna-guna agar dagangan dan makanannya tidak laku.

Rupanya banyak netizen Twitter yang membagikan pengalaman serupa. Ketika dihubungi detikFood (05/10), Indri mengaku bahwa warkopnya ini memang terbilang baru dan lokasinya di Depok. Tapi banyak sekali kejadian aneh yang menimpa keluarganya. Mulai dari makanan yang dipenuhi belatung, sampai bubur hingga makanan lainnya yang cepat basi.

"Sama kaya warkop punya ibu saya. Biasanya rame, terus tiba-tiba jadi sepi gak ada yang beli. Mentok sehari yang beli satu orang. Setelah sekian lama, tiba-tiba ada kakek-kakek ngasih tahu kalau di depan pintu warung itu ada yang ngasih tanah kuburan. Biar usaha ibu aku jadi sepi gitu," curhat @unagea**.

Begitu juga dengan kisah warung soto yang dibagikan oleh @xhinjinak** di Twitter. Ia menjelaskan salah satu pamannya pernah buka usaha warung soto, selama empat bulan usahanya berjalan lancar, bahkan bisa laris sampai 100 porsi. Namun semuanya berubah setelah masuk bulan ke-5, penjualan menurun drastis.

Baca Juga: Ciri-ciri Warung Makan Pakai Penglaris Menurut Paranormal Mbak You" selengkapnya

warung kopi manis bersuasana pedesaan di cirebonIlustrasi warung kopi Foto: Sudirman Wamad/detikcom


Ternyata ada orang yang 'iseng' menutup pandangan orang-orang agar warung soto milikpamannya tampak tutu. Padahal warung sotopamannya buka seperti biasa. Setelah ditelusuri lebih lanjut, semua ini ulah dari santet yang dikirim oleh saingannya. Karena hal ini juga sang paman jadi malas melanjutkan bisniskulinernya.

"Ini sama banget kaya kisah warkop tetanggaku. Gula di warungnya ada rambut terus, padahal selalu di dalam plastik. Pas udah dibuang eh ada lagi. Paling aneh itu gorengan baru diangkat dari wajan, eh udah basi. Akhirnya gak kuat terus tutup warkopnya," curhat @conundrum**.

Ada juga kisah netizen @indahsyah**, yang ikut membagikan pengalaman kelamnya saat usaha makanan. Ia bercerita bahwa sang suami pernah usaha makanan seperti warung nasi. Awalnya usahanya laris manis, bahkan dalam sehari bisa dapat omzet Rp 700.000 - Rp 1.500.000.

Namun setelah itu penjualan menurun drastis, kisaran harganya sekitar Rp 150.000 - Rp 200.00. Nasi dagangannya juga jadi cepat basi. Banyak orang pintar yang menyebut, bahwa usaha suaminya dikirimi sejenis guna-guna.

4 Hukum Sesajen dalam Islam, Bolehkah Dimakan? Sesajen Foto: iStock

"Tapi suami tetap buka, jualan terus. Kita gak percaya tuh. Kita selalu baca ayat qursi, sedekah, kita juga jualan di aplikasi ojek online. Masukin ke kantor-kantor, perlahan tapi pasti pelanggan kembali lagi," tutup @indahsyah**.

Tak hanya usaha warkop, warung nasi sampai warteg saja yang kena imbasnya. Ada juga cerita tak enak dari anak penjual kue basah, yang lagi-lagi usahanya harus turun ketika mendapatkan kiriman guna-guna dari pesaingnya.

"Mamaku juga pernah ngalamin kejadian yang sama. Dulu jualan kue basah depan pabrik. Untungnya bisa dibilang lumayan, karena kalo jualan bisa dibilang laris dan abis terus. Nah, setahun pertama mama tiba-tiba masuk RS, karena sakit saraf kejepit, jadinya gak jualan dulu," tutur @inifa***.

Meski tidak tahu penyebab awalnya, banyak yang menyangka ada yang tega membuat sang ibu sakit mendadak agar tidak jualan kue basah lagi di depan pabrik.

Terlepas dari kebenarannya, sampai sekarang orang-orang di Indonesia masih mempercayai hal-hal mistis yang tak kasat mata. Terutama orang-orang yang tinggal di daerah, yang masih kental dengan budaya dan kepercayaan yang dianut sejak dulu.

Sebelumnya ada juga beberapa kisah tentang warung makan sampai warung bakso, yang laris manis karena menggunakan jimat atau penglaris.

Baca Juga: 5 Jimat Penglaris Jualan Makanan, Celana Dalam hingga Air Liur



Simak Video "Viral Mie Goreng Nyemek Enak Bikinan Warkop Tampomas"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com