ADVERTISEMENT

Langganan Mendiang Presiden Soeharto, 5 Kuliner Legendaris Ini Tetap Eksis

Sonia Basoni - detikFood
Kamis, 07 Okt 2021 12:00 WIB
bakso cendana
Foto: Devi S. Lestari / detikFood

3. Bakmi Jawa Pak Minto

Bakmi Goreng JawaBakmi Goreng Jawa Foto: iStock

Jadi incaran para food vlogger untuk makan di sana. Bakmi Jawa Pak Minto merupakan tempat makan kaki lima langganan para pejabat penting, presiden sampai mendiang Presiden Soeharto. Warung makan kaki lima ini sudah buka sejak tahun 1964, lokasinya berada di dekat Stasiun Gondangdia, Jakarta Pusat.

Meski sudah dilanjutkan oleh generasi kedua. Selama Haji Minto masih hidup, sang ayah sendiri yang melayani pesanan Presiden Soeharto sampai Megawati. Bahkan kecintaan Soeharto pada bakmi goreng tradisional ini, sampai membuatnya membungkus bakmi goreng itu untuk dimakan di rumah.

Minto juga sering diminta langsung untuk datang ke rumah Cendana, kediaman Soeharto agar bisa memasakan Soeharto dan keluarganya menu bakmi rebus dan bakmi goreng yang legendaris enaknya.

4. Bakmi Jawa Harjo Geno

bakmi jawabakmi jawa Foto: Lusiana Mustinda/ detikFood

Kalau di Jakarta, Soeharto tak bisa lepas dari bakmi goreng buatan Haji Minto. Kalau di Yogyakarta, mendiang Soeharto wajib kulineran makan bakmi khas Jawa racikan Harjo Geno yang ada di area Pasar Prawirotaman.

Warung makan bergaya sederhana dan masih mengenakan gerobak ini pertama kali dibuka pada tahun 1952. Kemudian ketika Harjo meninggal di tahun 1988, warung makan ini dilanjutkan oleh generasi kedua yang masih eksis dan laris manis hingga sekarang.

Menu sederhana yang tak luput dari istimewanya rasa enak bakmi Jawa Harjo Geno yang tak berubah. Topping serta isiannya juga sederhana, seperti irisan daging ayam kampung, kocokan telur bebek, irisan cabe rawit sampai aneka sayur yang ditumis hingga matang.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT