Pamer Nasi Bungkus Jatah Lembur, Buruh Pabrik Ini Dinyinyiri Netizen

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 06 Okt 2021 18:00 WIB
Perlihatkan Nasi Bungkus yang Didapat Saat Lembur, Buruh Pabrik Ini Malah Dinyinyiri Netizen Foto: TikTok/illa_liliyana96
Jakarta -

Seorang buruh pabrik memperlihatkan makanan yang didapatnya saat lembur. Mendadak viral, unggahannya justru menuai kritik dari netizen.

Kehidupan para buruh pabrik dikenal dengan pekerjaannya yang berat. Kerja hingga belasan jam sehari menjadi kegiatan rutin yang harus dilewati para buruh pabrik.

Pekerjaan dengan target tinggi dan dituntut kecepatan membuat banyak sekali buruh pabrik yang harus lembur dari pagi hingga malam hari. Namun pekerjaan yang berat tersebut diakui oleh beberapa buruh tidak diimbangi dengan fasilitas yang sesuai.

Makanan seadanya menjadi sajian yang akan didapatkan para buruh pabrik walaupun harus bekerja lembur hingga lebih dari 12 jam per hari. Salah satunya seperti kisah yang dibagikan oleh seorang buruh pabrik ini.

Perlihatkan Nasi Bungkus yang Didapat Saat Lembur, Buruh Pabrik Ini Malah Dinyinyiri NetizenPerlihatkan Nasi Bungkus yang Didapat Saat Lembur, Buruh Pabrik Ini Malah Dinyinyiri Netizen Foto: TikTok/illa_liliyana96

Mengutip TikTok @illa_lliliyana96 (30/9), sebuah nasi bungkus diperlihatkan dengan lauk yang sangat sederhana. Berisikan nasi putih, tumis terong dan telur kecap, dikatakan oleh Illa selaku pemilik akun, nasi bungkus tersebut merupakan jatah konsumsi yang diberikan untuk para pegawai yang bekerja lembur.

"Anak pabrik, 12 jam kerja per hari," tulis Illa dalam kolom keterangan pada unggahannya.

Baca juga: Polisi Ini Antarkan Makanan untuk Buruh Pabrik yang Minta Tolong Karena Kelaparan

Tidak hanya menunya yang sederhana, tetapi porsi nasi bungkus yang diperlihatkan juga tidak terlalu banyak. Dikonfirmasi oleh detikcom (5/10), setiap Illa bekerja lembur ia memang hanya diberikan menu-menu yang sangat sederhana.

Bahkan Illa juga pernah menerima nasi bungkus yang hanya berisikan tumis jamur dengan gorengan saja. Lagi-lagi porsi nasi bungkusnya juga bukan porsi yang akan mengenyangkan untuk pekerjaan yang menuntut tenaga yang sangat besar.

Perlihatkan Nasi Bungkus yang Didapat Saat Lembur, Buruh Pabrik Ini Malah Dinyinyiri NetizenPerlihatkan Nasi Bungkus yang Didapat Saat Lembur, Buruh Pabrik Ini Malah Dinyinyiri Netizen Foto: TikTok/illa_liliyana96

Unggahan Illa ini seketika menjadi viral dan banyak mendapat perhatian dari netizen TikTok. Hingga artikel ini dibuat unggahan video tersebut bahkan telah disaksikan lebih dari 487 kali dengan lebih dari 1000 komentar yang memenuhi unggahan tersebut.

Sebagian netizen ada yang merasa miris dan membagikan keresahannya saat bekerja di pabrik dan mengalami hal yang serupa. Namun sebagian lainnya justru membandingkan nasib mereka dan menyuruh Illa untuk bersyukur dengan segala yang telah didapatkannya.

"Zaman aku 2005, kalo lembur nggak dikasih makan cuma camilan aja. Kerja dari jam 7 pagi sampe jam 7 malam dan 2 shift hanya dikasih makan catering yang kadang udah basi," tulis akun @enengneca8.

"Masih mending dikasih makan, lah gw kagak. Tapi tetep bersyukur," tulis akun @maulandaii.

Baca juga: Tak Ada Uang, Buruh Pabrik Makan Daun Pepaya Rebus Berhari-hari



Simak Video "Kreatif! Penjual di Boyolali Bikin Mie Ayam Warna Pelangi"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com