Sering Dibilang Jorok, Jajanan India Kini Ditawarkan Pakai Vending Machine

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 05 Okt 2021 12:30 WIB
Sering Dibilang Jorok, Jajanan India Kini Ditawarkan Pakai Vending Machine Foto: TikTok/rahargrg
Jakarta -

Penjual makanan kaki lima di India kerap dianggap jorok, namun sekarang jajanan di India juga ditawarkan di vending machine. Seperti apa ya tampilannya?

Para pedagang makanan kaki lima di India sering dicap jorok karena mengolah makanan dan menyajikannya langsung dengan tangan. Banyak sekali video-video yang diunggah ke media sosial menunjukkan betapa tidak higienisnya makanan yang dijual para pedagang di sana.

Salah satunya adalah sajian pani puri. Pani puri ini menjadi salah satu camilan kaki lima yang populer dijajakan oleh pedagang-pedagang kaki lima di pinggir jalan.

Berbentuk seperti kerupuk bulat yang kopong tengahnya, hidangan ini biasa disajikan oleh para pedagang dengan tambahan isian hingga saus yang diambil langsung dengan tangan! Hal ini membuat banyak orang jijik saat melihatnya.

Namun ternyata kini ada vending machine yang menjual pani puri. Cara ini disambuat baik oleh banyak orang karena lebih higienis.

Baca juga: 5 Makanan India Jorok Ini Laris Meski Diolah Pakai Tangan Telanjang!

Sering Dibilang Jorok, Jajanan India Kini Ditawarkan Pakai Vending MachineSering Dibilang Jorok, Jajanan India Kini Ditawarkan Pakai Vending Machine Foto: TikTok/rahargrg

Mengutip TikTok @rahargrg (11/9), sebuah vending machine bertuliskan "Hygienic System For Panipuri" memperlihatkan sajian pani puri yang kini dihidangkan dengan lebih modern. Panipuri diletakkan dalam wadah kaca tertutup dengan keran-keran saus pudina, bawang putih dan chutney di bagian bawahnya.

Pelanggan yang ingin membeli pani puri melalui mesin ini pertama-tama akan dilayani oleh penjaga kedai terlebih dahulu. Kemudian pelanggan bisa langsung mengisi sendiri pani puri dengan pilihan saus pelengkap yang diinginkannya.

Cara jajan yang unik dan berbeda dan kebanyakan penjual pani puri ini mendadak viral karena sangat tidak biasa. Banyak netizen yang terpesona dengan kemajuan kedai jajanan kaki lima yang mengutamakan kehigienisannya.

Sering Dibilang Jorok, Jajanan India Kini Ditawarkan Pakai Vending MachineSering Dibilang Jorok, Jajanan India Kini Ditawarkan Pakai Vending Machine Foto: TikTok/rahargrg

Pelanggan yang datang juga terlihat lebih menikmati pani puri yang mereka beli. Bahkan kedai ini juga sangat diminati, terutama oleh mereka yang ingin tetap jajan tetapi dengan makanan yang lebih higienis.

Saat dilihat oleh detikcom pada (4/10), video unggahan tersebut telah ditonton lebih dari 1,7 juta kali oleh pengguna TikTok. Beberapa netizen terlihat berkomentar dengan menuliskan emoji yang menunjukkan kekagumannya dengan kedai tersebut.

Pemilik akun TikTok yang mengunggah video tersebut juga mencicipi langsung pani puri yang dijual di vending machine tersebut. Memboyong serta keluarganya, mereka mencicipi pani puri yang lebih higienis ini.

Baca juga: Bagikan Pengalaman Jajan di India, Ada yang Jijik



Simak Video "Viral Pengunjung Nemu Ulat di Makanan dan Tikus di Resto"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com