5 Sereal Tertua di Dunia, Dibuat Tahun 1863 dan Teksturnya Keras Seperti Batu

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 05 Okt 2021 08:30 WIB
5 Sereal Tertua di Dunia, Dibuat Tahun 1863 dan Teksturnya Keras Seperti Batu Foto: Oldest
Jakarta -

Populer sebagai menu sarapan, sereal pertama di dunia ternyata dibuat tahun 1863. Selain itu, ada informasi soal 5 sereal tertua lainnya di dunia yang menarik untuk disimak. Terbuat dari apa saja ya sereal tersebut?

Manusia sudah mengonsumsi biji-bijian sejak lama, termasuk produk olahannya yaitu sereal. Mengutip Oldest, sereal ternyata juga memiliki sejarah panjang. Tercatat sereal sudah ada sejak abad 19.

Sebelum sereal dingin populer, orang-orang mengonsumsi sereal panas atau bubur sereal. Untuk bahannya, sereal pertama kali dibuat dari gandum dan teksturnya keras. Rasanya juga disebut belum terlalu enak.

Seiring waktu, resep sereal dikembangkan sehingga rasanya makin enak. Varian rasanya juga makin beragam. Tak heran kalau sereal kini menjadi menu utama sarapan banyak orang.

Bagi kamu pencinta sereal, ketahui informasi 5 produk sereal tertua di dunia, seperti dirangkum Oldest:

1. Granula

5 Sereal Tertua di Dunia, Dibuat Tahun 1863 dan Teksturnya Keras Seperti Batu5 Sereal Tertua di Dunia, Dibuat Tahun 1863 dan Teksturnya Keras Seperti Batu Foto: Oldest

Granula adalah produk sereal tertua di dunia yang dibuat tahun 1863 oleh Dr. James Caleb Jackson. Sereal ini diciptakan di Densville, New York, Amerika Serikat. Granula merupakan cikal bakal sereal sarapan yang populer diminati sekarang.

Awal mula terciptanya Granula karena Dr. Jackson yang merupakan pemilik spa kesehatan, bereksperimen membuat sereal dingin yang ditujukan sebagai 'obat' guna mengatasi berbagai penyakit. Ia kemudian memformulasikan Granula dari adonan tepung Graham.

Adonan ini kemudian digulung jadi lembaran dan dipanggang. Setelah kering, adonan dipecahkan menjadi beberapa bagian, dipanggang lagi, dan dipecah lagi jadi bagian yang lebih kecil. Tekstur Granula sangat keras sehingga disebut seperti batu dan tidak terlalu disukai orang-orang saat itu. Untuk menikmatinya, Granula juga harus direndam semalaman lebih dulu. Namun kreasi Dr. Jackson ini menjadi inspirasi munculnya produk sereal terkenal buatan John Harvey Kellog.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kreatif! Penjual di Boyolali Bikin Mie Ayam Warna Pelangi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com