5 Makanan Awetan Paling Dicari, Ada Keripik hingga Dendeng Sapi

Devi Setya - detikFood Senin, 04 Okt 2021 06:00 WIB
keripik pisang Foto: iStock
Jakarta -

Banyak produk makanan awetan yang dibuat dari bahan nabati maupun hewani. Ada keripik buah, asinan, hingga dendeng sapi yang disukai banyak orang.

Kamu sering ngemil keripik pisang? Jajanan ini termasuk makanan awetan yang mudah dijumpai. Selain keripik pisang, ada juga sederet makanan awetan lainnya. Selain enak, ternyata beberapa makanan awetan ini juga sehat karena mengandung nutrisi.

Selain menghasilkan produk makanan dengan cita rasa berbeda, proses mengawetkan makanan bertujuan juga untuk memperpanjang masa simpan makanan. Di tambah lagi ragam makanan awetan ini juga biasanya dibanderol dengan harga terjangkau jadi bisa dibeli oleh semua kalangan.

Proses mengolah makanan menjadi produk awetan ini juga terbilang alami karena tidak memerlukan bahan pengawet kimia yang berbahaya. Bahkan ada makanan awetan yang jadi lebih bernutrisi seperti kimchi yang mengandung probiotik.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut makanan awetan yang populer dan disukai banyak orang:

1. Keripik

Keripik merupakan makanan awetan dari bahan baku nabati yang paling dicari. Keripik terbuat dari berbagai bahan baku mulai dari buah hingga umbi-umbian. Di Indonesia, ada berbagai keripik populer seperti keripik pisang, keripik singkong dan keripik ubi.

Dalam versi kekinian pun keripik sudah tersedia. Misalnya keripik buah seperti keripik apel, keripik salak hingga keripik cabe. Rasa asin gurih dan manis pada keripik ini membuat banyak orang ketagihan.

Makan keripik juga tak membuat cepat kenyang jadi keripik kerap dikonsumsi dalam jumlah banyak. Keripik juga bisa jadi camilan dalam berbagai situasi, termasuk camilan di rumah, camilan di kantor atau dijadikan bekal piknik.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Dendeng Sapi Balado Pete"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com