ADVERTISEMENT

Awet Banget! 5 Makanan Ini Masih Utuh Meski Sudah Tertimbun Ribuan Tahun

Sonia Basoni - detikFood
Sabtu, 02 Okt 2021 19:00 WIB
Awet Banget! 5 Makanan Ini Masih Utuh Meski Sudah Tertimbun Ribuan Tahun
Foto: Site News
Jakarta -

Hampir setiap makanan dan minuman memiliki batas waktu konsumsinya. Tapi beberapa makanan kuno initetap awet dan utuh meski sudah disimpan selama ribuan tahun.

Membahas tentang peninggalan di masa lampau merupakan hal yang menarik bagi sebagian besar orang. Selain penemuan benda-benda bersejarah seperti puing-puing bangunan hingga patung dari era kuno. Para peneliti juga arkeologis sering menemukan makam kuno yang isinya banyak sekali benda-benda menarik.

Paling banyak mereka menemukan makanan dan minuman yang masih utuh meski usianya sudah ribuan tahun. Meski sudah tidak aman untuk dikonsumsi manusia, tapi bentuk dari makanan kuno yang masih utuh ini berhasil membuat banyak orang takjub. Ada telur ayam, roti sampai sup berusia ribuan tahun yang ditemukan di sana.

Berikut lima makanan yang masih utuh meski sudah tertimbun selama ribuan tahun, dilansir dari Listverse (01/10).

Baca Juga: Ada yang Dibuat Tahun 1865, Ini 5 Makanan Kaleng Tertua di Dunia

1. Telur Ayam

Awet Banget! 5 Makanan Ini Masih Utuh Meski Sudah Tertimbun Ribuan TahunAwet Banget! 5 Makanan Ini Masih Utuh Meski Sudah Tertimbun Ribuan Tahun Foto: Site News

Telur ayam ini pertama kali ditemukan oleh organisasi Israel Antiquities Authority (IAA). Mereka menemukan telur ayam bersejarah tersebut setelah menggali situs bersejarah di kota Yavne, Israel. Telur ayam ini sangat langka, apalagi cangkang telur ayam sangat rapuh. Berbeda dengan cangkang telur burung unta yang lebih kokoh dan tidak mudah hancur.

Jadi ketika telur ayam ini ditemukan, para arkeolog sempat kaget dan tidak percaya. Bagian luarnya hitam pekat, tidak nampak seperti telur ayam pada umumnya. Ada sedikit bagian cangkang yang retak, bagian putih telurnya keluar, tapi kuningnya tetap ada di dalam sana.

Para arkeolog menemukan jejak adanya telur ayam dan tiga tulang yang berusia lebih dari seribu tahun. Sementara di area tersebut terdapat sisa-sisa peternakan yang dikabarkan berusia 2,300 tahun. Menurut para arkeolog, kondisi telur ayam yang masih bagus ini tak lepas dari peran kotoran manusia yang tak sengaja memenuhi bagian luar cangkang.


2. Sup Tulang

Awet Banget! 5 Makanan Ini Masih Utuh Meski Sudah Tertimbun Ribuan TahunAwet Banget! 5 Makanan Ini Masih Utuh Meski Sudah Tertimbun Ribuan Tahun Foto: Site News

Di kota Xian, tempat di mana dulu para prajurit Terracota disemayamkan, terdapat sup tulang yang ada di salah satu makam kuno di sana. Sup itu berada di dalam wadah perunggu, yang berisi sup kaldu tulang. Sup ini ditemukan di tahun 2010, ketika para pekerja kontruksi menggali wilayah itu untuk perluasan jalan.

Mereka terkejut ketika menemukan sup berusia 2400 tahun di bawah tanah, di dalam sana masih terdapat tulang. Penemuan ini langsung menghebohkan para arkeologi, dan dinobatkan sebagai sup tulang pertama di dunia.

Para arkeolog percaya bahwa sup tulang itu milik seorang perwira militer berpangkat rendah, yang sengaja dikubur dengan sup tulang agar ia bisa menikmati sup itu di kehidupan selanjutnya. Meski bentuknya sudah mengering partikel atau sisa makanan yang mengeras masih utuh sehingga masih bisa diteliti.



Simak Video "Bikin Laper: Mie Titi dan Nasi Merah Legendaris dari Makassar"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT