Cara Konsumsi Habbatusauda, Rempah yang Disebut Rasulullah SAW Obat Segala Penyakit

Devi Setya - detikFood Jumat, 01 Okt 2021 06:00 WIB
Cara Konsumsi Habbatusauda, Rempah yang Disebut Rasulullah SAW Obat Segala Penyakit Foto: Getty Images/iStockphoto/Thomas Demarczyk
Jakarta -

Jintan hitam atau habbatusauda menjadi salah satu rempah yang diandalkan Rasulullah SAW sebagai obat herbal. Habbatusauda bisa dikonsumsi langsung ataupun dicampur dengan madu dan makanan lain.

Banyak rempah yang disebut ampuh mengobati berbagai penyakit, salah satunya habbatusauda, si jintan hitam yang diandalkan Rasulullah SAW. Pengobatan herbal ala Rasulullah memang banyak diterapkan, semua mengandalkan bahan alami.

Habbatusauda juga termasuk obat herbal yang disunahkan untuk dikonsumsi. Rasulullah SAW pernah menyebut habbatusauda adalah obat untuk segala jenis penyakit.

"Sesungguhnya di dalam habbatusauda (jinten hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit kecuali kematian" (Hadis Riwayat. Al Bukhari).

Kini habbatusauda banyak diolah menjadi ekstrak sehingga mudah dikonsumsi. Selain sebagai obat, habbatusauda juga dikonsumsi untuk menjaga stamina. Tapi masih banyak yang bingung bagaimana cara mengonsumsi habbatusauda.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara mengonsumsi habbatusauda:

1. Konsumsi dengan madu

Habbatusauda mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Dilansir dari Healthline (30/9) kandungan antioksidan mampu memperbarui sel yang rusak atau meremajakan sel dalam tubuh.

Habbatusauda bisa konsumsi dengan campuran madu. Dua bahan alami ini tinggi antioksidan sehingga jika dikonsumsi bersamaan maka akan memberikan efek ganda bagi kesehatan.

Cara mengonsumsinya yakni campur habbatusauda dengan segelas air hangat kemudian tambahkan 1-2 sendok teh madu. Selain bermanfaat bagi tubuh, campuran ini juga punya rasa enak. Konsumsi secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Menjajal Sate Taichan Terenak di Cengkareng"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com