5 Restoran Keren Ini Menempati Bangunan Bersejarah Era Kolonial di Jakarta

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 30 Sep 2021 11:30 WIB
5 Restoran Keren Ini Menempati Bangunan Bersejarah Era Kolonial di Jakarta Foto: Official Restaurant Site

3. Tugu Kunstring Paleis

5 Restoran Keren Ini Menempati Bangunan Bersejarah Era Kolonial di Jakarta5 Restoran Keren Ini Menempati Bangunan Bersejarah Era Kolonial di Jakarta Foto: Official Restaurant Site

Berlokasi di gedung megah peninggalan era kolonial yang sudah ada sejak tahun 1914 di Jakarta Pusat. Tugu Kunstring Paleis menjadi salah satu restoran dengan konsep fine dining yang paling mewah di Jakarta. Restoran ini menggabungkan galeri seni, lengkap dengan suasana kolonial yang kental.

Dulunya gedung ini lebih dikenal dengan nama Bataviasche Kunstring, sebelum diubah menjadi Tugu Kunstring Paleis di tahun 2013 ketika restoran ini dibuka. Menu yang paling populer di sini tentu saja Betawi Rijsttafel.

Hidangan nasi rames yang dipengaruhi oleh kuliner dari Belanda ini, mengajak setiap pengunjung untuk mempelajari lebih dalam tentang budaya kuliner di Indonesia. Salah satu rangkaian menunya ada Kippen Batavia Tangkar atau sop ayam dengan santan kuning yang disajikan dengan kentang dan bihun.

Kemudian ada Indonesiche Biefstuk van Mevrouw Sonya Lee, yaitu menu bistik sapi dari tenderloin dengan tambahan wortel goreng. Tak ketinggalan menu sate ayam madura, bebek opor, kari ikan barramundi yang enak. Kisaran harganya dari Rp 100.000 per porsi.

4. Bunga Rampai

Restoran Bunga RampaiRestoran Bunga Rampai Foto: Dok. Tim Muara Bagdja

Terletak di kawasan perumahan elite di Menteng, Jakarta Pusat. Restoran Bunga Rampai tidak pernah sepi dari pengunjung, nuansa homey dari bangunan klasik tempo dulu ternyata sudah ada sejak awal tahun 1900-an.

Dulunya gedung ini dijadikan tempat para pejabat negara untuk mengadakan pertemuan. Puluhan tahun berselang, di tangan Agam Riadi, bangunan ini direnovasi menjadi restoran di tahun 2007 tanpa mengubah bentuk atau bangunan aslinya. Interior kolonial tempo dulu berpadu dengan aksen mewah, dengan sentuhan budaha China peranakan.

Menu makanannya juga tidak perlu diragukan lagi rasanya. Semuanya menyajikan menu khas Indonesia, seperti tumis pare telor asin, sayur lodeh gedongan, ayam tangkap khas Aceh, udang kenari hingga sate maranggi. Kisaran harga makanannya sekitar Rp 200.000 per porsi, yang bisa disantap untuk 3-4 orang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com