1 Juta Ekor Anjing Dikonsumsi Tiap Tahun, Presiden Korsel Larang Konsumsi Anjing

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 29 Sep 2021 19:30 WIB
1 Juta Ekor Anjing Dikonsumsi Tiap Tahun, Presiden Korsel Larang Konsumsi Anjing Foto: Getty Images/iStockphoto/fotocelia
Jakarta -

Sudah sejak lama anjing dikonsumsi di Korea Selatan, namun kini presiden Moon Jae-in menyerukan larangan konsumsi daging anjing di negaranya. Ini merupakan kali pertama dirinya mengangkat isu ini.

Meski terkenal sebagai hewan peliharaan, nyatanya orang-orang di beberapa negara masih mengonsumsi daging anjing. Hal ini menimbulkan pro kontra mengingat anjing bukan bahan pangan dan bukan tergolong hewan ternak.

Salah satu negara yang warganya banyak mengonsumsi daging anjing adalah Korea Selatan. Mengutip Daily Mail (29/9), sekitar 1 juta ekor anjing tiap tahun diperkirakan dimakan dagingnya di sana.

Sebenarnya saat ini hukum Korea Selatan melindungi anjing dan kucing dari tindakan penyembelihan yang kejam, namun sayangnya hukum ini tidak melarang konsumsi daging anjing maupun kucing.

1 Juta Ekor Anjing Dikonsumsi Tiap Tahun, Presiden Korsel Larang Konsumsi Anjing1 Juta Ekor Anjing Dikonsumsi Tiap Tahun, Presiden Korsel Larang Konsumsi Anjing Foto: Getty Images/iStockphoto/fotocelia

Meski demikian, pihak berwenang telah meminta undang-undang dan peraturan higiene lainnya untuk menindak peternakan anjing dan restoran yang menjual olahannya. Hal ini dilakukan menjelang acara internasional seperti Olimpiade Pyeongchang 2018.

Tak seperti tahun-tahun dulu, sebenarnya konsumsi anjing di Korea Selatan sekarang sudah menurun. Namun daging anjing tetap dimakan secara teratur, terutama oleh generasi orang tua. Olahannya juga masih tersedia di beberapa restoran dan daging anjing dijual di pasar-pasar khusus.

Dalam kaitannya dengan politik, beberapa calon presiden Korea Selatan sudah melarang konsumsi daging anjing dalam beberapa pekan terakhir. Hal ini merupakan salah satu agenda kampanye mereka mengingat anjing adalah hewan peliharaan populer di sana.

Selain itu, kelompok pencinta binatang juga mendesak pemerintah agar menutup restoran dan pasar yang menjual daging anjing.

Langkah serupa juga dilakukan presiden Korea Selatan saat ini, Moon Jae-in. Melalui juru bicara Moon Park Kyung-mee (27/9), Moon mengatakan, "Bukankah sudah waktunya untuk secara bijaksana mempertimbangkan larangan konsumsi daging anjing?"

1 Juta Ekor Anjing Dikonsumsi Tiap Tahun, Presiden Korsel Larang Konsumsi Anjing1 Juta Ekor Anjing Dikonsumsi Tiap Tahun, Presiden Korsel Larang Konsumsi Anjing Foto: Reuters

Inisiatif ini dilontarkan Moon usai dirinya memberi pengarahan tentang rencana untuk meningkatkan sistem perawatan bagi hewan peliharaan yang ditinggal. Ia juga berdiskusi soal sistem wajib registrasi untuk anjing.

Rancangan untuk melarang konsumsi daging anjing inipun baru pertama kali 'diangkat' Moon. Hal ini kemungkinan akan menjadi bahan perdebatan ke depannya.

Mengenai pribadinya, Moon dikenal sebagai pencinta anjing. Ia bahkan punya beberapa anjing di kompleks kepresidenan, termasuk anjing jalanan yang ia adopsi usai menjabat presiden.

Mengadopsi anjing juga merupakan salah satu janji Moon dalam kampanye kepresidenannya dulu. Anjing yang ia miliki pun menjadi anjing 'rescue' pertama yang berhasil masuk ke Blue House.



Simak Video "Demam Permen Dalgona Gara-gara Squid Game"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com