4 Jajanan Jadul Viral Ini Bikin Nostalgia, Ada Gulali Soda hingga Rambut Nenek

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 25 Sep 2021 17:30 WIB
4 Jajanan Jadul Viral Ini Bikin Nostalgia, Ada Gulali Soda hingga Rambut Nenek Foto: TikTok/Istimewa

3. Rambut Nenek

4 Jajanan Jadul Viral Ini Bikin Nostalgia, Ada Gulali Soda hingga Rambut Nenek4 Jajanan Jadul Viral Ini Bikin Nostalgia, Ada Gulali Soda hingga Rambut Nenek Foto: TikTok/Istimewa

Mirip seperti permen kapas, camilan jadul yang satu ini punya rasa manis dari tekstur gulali yang lembut. Berbeda dengan permen kapas, rambut nenek ini biasanya akan disajikan dengan dua buah cracker yang mengapit serabut-serabut manis.

Berbentuk menyerupai sandwich, camilan ini memang cukup legendaris bahkan sampai sekarang masih dijajakan dan laris diburu pembeli. Tetapi ada inovasi yang akhir-akhir membuat rambut nenek semakin menarik perhatian pembeli.

Beberapa pedagang tidak lagi membawa serabut rambut nenek yang sudah jadi. Mereka secara langsung menunjukkan cara pembuatan serabut rambut nenek yang terbuat dari gulali yang mengeras dengan baluran tepung jagung. Di media sosial, jajanan ini tengah menjadi perburuan bahkan oleh orang dewasa sekalipun.

4. Telur Gulung

Hanya dengan sebutir telur, bisa membuat camilan jadul yang banyak penggemarnya. Ditambahkan dengan saus dan berbagai bumbu, biasanya jajanan ini juga menjadi yang paling laris dikalangan anak-anak tahun 90-an.

Telur yang sudah dikocok lepas ini akan dimasak dalam minyak yang sangat banyak dan membentuk jaring-jaring halus. Dengan keterampilan penjualnya, telur tersebut akan digulungkan dengan stik kayu atau tusuk sate.

Camilan yang satu ini saat ini tengah membuat banyak orang penasaran dengan cara membuatnya. Ada trik-trik tertentu untuk membuat camilan gulung bisa seperti yang dijajakan pedagang kaki lima. Bahkan saat ini banyak sekali konten tantangan di media sosial yang mampu membuat telur gulung berukuran sangat besar.

Baca juga: 5 Jajanan Jadul Ini Bikin Nostalgia Masa Kecil, Mana Favorit Kamu?

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Kulineran Rasa Uji Nyali di BSD"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com