Dapat Kado Bibit Jamur Tiram, Wanita Ini Masak Jamur Krispi Hasil Panennya

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 23 Sep 2021 13:30 WIB
Dapat Kado Bibit Jamur Tiram, Wanita Ini Masak Jamur Krispi Hasil Panennya Foto: @taechenim_/Nurul Tasnim
Jakarta -

Semenjak pandemi aktivitas bercocok tanam jadi kegiatan menyenangkan.Seperti wanita yang dapat kado bibit jamur tiram di hari ulang tahunnya. Ia merawat sampai bisa dimasak jadi jamur krispi.

Berkebun hingga bercocok tanam dilakukan banyak orang untuk mengisi waktu luang mereka selama di rumah, sejak pandemi menyerang. Kini banyak produk paket bibit tanaman, yang dijual lengkap dengan tanah, pupuk hingga pot yang memudahkan setiap orang untuk mengurus tanaman mereka sendiri.

Salah satu yang paling populer ada paket bibit jamur tiram, dikenal juga dengan nama 'Mushroom Kit'. Popularitas paket bibit jamur ini meningkat pesat, setelah banyak orang mengunggah konten video mereka tengah mengurus jamur yang mereka tanam sendiri.

Dilansir dari SAYS (23/09), Mushroom Kit ini sebenarnya sudah ada sejak dulu. Sering dijadikan mainan interaktif agar anak-anak bisa bercocok tanam.

Baca Juga: "Mandira Garden: Menikmati Hasil Kebun yang Segar di Tengah Kebun Asri" selengkapnya

Dapat Kado Bibit Jamur Tiram, Wanita Ini Masak Jamur Krispi Hasil PanennyaDapat Kado Bibit Jamur Tiram, Wanita Ini Masak Jamur Krispi Hasil Panennya Foto: @taechenim_/Nurul Tasnim

Tapi kini banyak orang yang menjadikan 'Mushroom Kit' sebagai hadiah untuk ulang tahun kerabat dan keluarga mereka. Hal ini lah yang dibagikan netizen asal Malaysia bernama Nurul Tasnim Abdul Rahman.

Nurul yang aktif main TikTok, mengabadikan perkembangan jamur tiramnya yang ia tanam sejak bibit. Paket bibit jamur ini merupakan hadiah di hari ulang tahunnya. Ternyata hanya butuh waktu empat hari untuk melihat pertumbuhan jamur. Di hari ke-7 setelah bibit ditanam, jamur tiram ini siap dipanen.

Alih-alih membuangnya begitu saja seperti orang lain. Nurul lebih kreatif dan memutuskan untuk memasak jamur tiram hasil panennya sendiri. Meski tidak banyak, tapi jamur yang dipanennya ini cukup layak untuk dikonsumsi.

Dapat Kado Bibit Jamur Tiram, Wanita Ini Masak Jamur Krispi Hasil PanennyaDapat Kado Bibit Jamur Tiram, Wanita Ini Masak Jamur Krispi Hasil Panennya Foto: @taechenim_/Nurul Tasnim

"Pertama saya membersihkan jamurnya dengan air mengalir, untuk membersihkan kotoran hingga debu setelah mereka dipanen. Kemudian saya masak jadi jamur goreng krispi. Bahannya mudah saja, saya campur telur dengan terigu dan air kemudian celupkan jamur dan goreng di dalam minyak panas sampai garing. Jamur ini saya sajikan dengan saus sambal," jelas Nurul ke SAYS.

Meski awalnya ia sempat tak yakin dengan rasa jamur tanamannya ini. Tapi ternyata jamur krispinya sama enaknya dengan yang ia beli di restoran.

Walau hanya kegiatan isi waktu luang semata, tapi video-video Nurul yang menanam jamur hingga memasaknya jadi jamur krispi berhasil menarik perhatian netizen di sana.

"Jujur saya tertarik dengan paket bibit jamur ini sejak dulu. Tapi saya baru tahu kalau ternyata proses panen dan perawatannya semudah ini," tulis @moksh***.

"Video ini bisa jadi inspirasi buat yang sedang bingung kasih hadiah apa ke teman atau keluarga. Setidaknya paket bibit jamur ini berguna dan mengenyangkan haha," canda @techas**.

Dapat Kado Bibit Jamur Tiram, Wanita Ini Masak Jamur Krispi Hasil PanennyaDapat Kado Bibit Jamur Tiram, Wanita Ini Masak Jamur Krispi Hasil Panennya Foto: @taechenim_/Nurul Tasnim

"Tak perlu dijelaskan rasanya, lihat tampilan jamur tiram yang dibalut tepung hingga krispi saja sudah bikin saya lapar!" puji @rahm***.

Di Malaysia sendiri kisaran harga mushroom kit atau paket bibit jamur ini dihargai sekitar RM 24.90 (Rp 84.646). Sementara di Indonesia, kisaran harga mushroom kit ini di toko online lebih variatif. Dari Rp 47.000 - Rp 100.000 per paketnya.

Baca Juga: "Langka Banget! Petani Ini Panen Wortel yang Bentuknya Unik" selengkapnya



Simak Video "Resep Bikin Rendang Jamur Tiram yang Nikmat"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com