Murah Meriah Angkringan

Angkringan Bikin Orang Asing Ketagihan hingga Bisa Mangkal di Jepang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 16 Sep 2021 15:30 WIB
Angkringan Bikin Orang Asing Ketagihan hingga Bisa Mangkal di Jepang Foto: YouTube Crazy Rich Kampoeng
Jakarta -

Berasal dari Yogyakarta, angkringan ternyata juga populer sampai ke luar negeri. Ada juga kisah orang-orang asing yang tertarik mencicipi beragam menu angkringan yang ikonik.

Angkringan terlihat sederhana karena hanya berupa gerobak kayu yang menawarkan makanan-makanan murah seperti nasi kucing dan aneka sate. Tapi siapa sangka kesederhanaan ini justru membuat angkringan menarik di mata-mata orang asing.

Seorang bule Amerika di Yogyakarta, misalnya, pernah memamerkan momennya cicip kopi jos. Ia terkesima dengan racikan kopi unik plus tambahan arang panas ini.

Lalu ada juga YouTuber Korea Selatan yang populer di Indonesia, Hari Jisun. Saking cintanya dengan angkringan, ia bahkan memperkenalkan menu-menu angkringan ke temannya di Korea.

Tak ketinggalan kisah menarik bule Swiss jualan angkringan di Kediri. Lalu ada angkringan Yogyakarta yang mangkal di Tokyo. Pada tahun 2019, foto-foto angkringan di Jepang ini sempat viral.

Berikut 5 kisah angkringan yang bikin orang asing kepincut:

1. Bule Amerika cicip kopi jos

Angkringan Bikin Orang Asing Ketagihan hingga Bisa Mangkal di JepangAngkringan Bikin Orang Asing Ketagihan hingga Bisa Mangkal di Jepang Foto: YouTube Martin Johnson

Martin Johnson adalah bule yang kini tinggal di North Idaho, Amerika Serikat. Pada 2016, ia tinggal di Yogyakarta dan mencicipi beragam kuliner khas yang ada di sana.

Salah satunya hidangan angkringan di pinggir jalan. Dengan mengendarai motor, Martin tampak antusias menyambangi salah satu gerobak angkringan. Ia memperlihatkan aneka sate seperti usus ayam dan kepala ayam yang dijual di sana.

Martin juga melihat cara pembuatan kopi jos. "Pakai bubuk kopi yang sangat bagus seperti bubuk espresso. Ditambah air panas," katanya. Ia lantas menyaksikan arang panas dimasukkan ke dalam segelas kopi. "Kopi yang kental dan rasanya kuat. Tapi saya bilang ini enak," katanya usai mencicipi kopi jos.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com