ADVERTISEMENT

Viral Warung Jual Tokek Geprek, Ini 5 Klaim Khasiat Makan Daging Tokek

Devi Setya - detikFood
Selasa, 14 Sep 2021 10:30 WIB
Viral Warung Jual Tokek Geprek, Ini 5 Klaim Khasiat Makan Daging Tokek
Foto:tiktok Bobon Santoso
Jakarta -

YouTuber Bobon Santoso baru saja mengunggah video warung tokek yang menjual tokek geprek hingga tokek krispi. Video ini langsung viral dan banyak yang menyebut kalau daging tokek bisa sembuhkan penyakit. Benarkah?

Dalam video yang diunggah akun Tiktok @bobonsantoso (11/9), terlihat ia dan seorang temannya mampir ke warung makan. Kedai dengan gerobak sederhana ini memasang spanduk bertuliskan menu makanan.


Uniknya, makanan yang jual ini tak lazim karena berbahan dasar daging tokek. Menunya antara lain
pecel tokek, tokek geprek, tokek bakar, tokek balado, hingga tokek krispi. Semua jadi andalan di Warung Bang Tokek.

Bobon yang kerap memasak makanan aneh ini juga memperlihatkan menu tokek goreng di warung ini. Disajikan lengkap dengan nasi putih. Tampak tokek masih dalam bentuk utuh saat digoreng.

Viral Warung Jual Tokek Geprek, Ini 5 Klaim Khasiat Makan Daging TokekViral Warung Jual Tokek Geprek, Ini 5 Klaim Khasiat Makan Daging Tokek Foto: tiktok Bobon Santoso

Melihat video ini sontak banyak netizen dibuat heboh. Tak sedikit yang merasa jijik namun ada juga yang menyebutkan berbagai khasiat daging tokek.

"Ngakakkkk Yang jualan aja belom pernah coba makan, gimana mau tau rasa makanannya sendiri," tulis netizen.

"Habis makan langsung ngomongnya TEKKEK,TEKKEK, TEKKEK," kata netizen lainnya.

"Tokek bisa menjadi obat, penyakit kulit, kanker dan HIV/AIDS," sahut netizen.

"Gw udah pernah makan tokek pas kena penyakit kulit," aku netizen yang mengaku pernah makan daging tokek.

Setelah detikcom telusuri, faktanya video itu hanyalah video settingan yang dibuat oleh Bobon Santoso sebagai konten hiburan.

Lantas, apakah benar daging tokek memiliki khasiat dan bisa menyembuhkan berbagai penyakit termasuk HIV/AIDS?

Dilansir dari berbagai sumber berikut mitos dan fakta seputar daging tokek:

1. Mengobati tumor ganas

Tokek pernah dilaporkan dalam laporan uji klinis yang menunjukkan memiliki efek positif terhadap tumor ganas. Sebuah tim riset yang dipimpin oleh Prof Wang dari Henan University of China pernah melaporkan hal ini.

Dilansir dari Medicalnewstoday (14/9) hasil penelitian ini kemudian dipublikasikan dalam World Journal of Gastroenterology. Sayangnya, tidak ada penelitian mengenai studi farmakologi tentang interaksi antara obat, sistem dan proses hidup dari tokek ini, sehingga mekanisme kerjanya sebagai anti-tumor masih belum jelas.

Dijelaskan juga tokek tidak hanya bisa memperkuat sistem kekebalan suatu organisme tapi juga dapat menginduksi sel-sel tumor opoptosis yaitu sel-sel tumor yang dapat menghancurkan dirinya sendiri. Percobaan ini dilakukan pada tikus dan belum terbukti secara klinis pada tubuh manusia.

2. Obat HIV/AIDS

Mitos lain yang berkembang terkait tokek adalah bagian lidahnya diyakini bisa menjadi obat HIV/AIDS. Mengkonsumsi lidah tokek dengan berat minimal 3 ons diyakini bisa menyembuhkan HIV/AIDS meskipun sampai saat ini belum ada penelitian terkait.

Selain bagian lidahnya, empedu tokek juga dipercaya memiliki khasiat yang sama. Secara medis khasiat dari tokek untuk menyembuhkan penyakit AIDS memang masih belum terbukti secara ilmiah. Data dari WHO sejauh ini juga menyebutkan belum ditemukan obat khusus untuk mengobati AIDS.

3. Mengobati Asma

Dilansir dari News Info (14/9) menurut Departemen Kesehatan Filipina, manfaat tokek dalam proses pengobatan penyakit asma hanyalah mitos belaka. Bahkan secara tegas tokek dilarang untuk dijadikan obat untuk asma ataupun penyakit pernapasan lainnya.

Hingga saat ini belum ditemukan bukti ilmiah yang mendukung bahwa tokek dapat menyembuhkan penyakit asma. Oleh karena itu, penderita asma diharapkan melakukan perawatan medis yang diberikan dokter daripada harus mengikuti mitos mengkonsumsi tokek.

4. Mengobati penyakit kulit

Beberapa orang mengklaim sembuh dari masalah penyakit kulit setelah mengonsumsi tokek. Padahal secara klinis, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa daging tokek memiliki khasiat untuk kesehatan kulit.

Kepada detikcom, dokter spesialis kulit dan kelamin dari RS Cipto Mangunkusumo, Dr Eddy Karta, SpKK, menampik khasiat tokek untuk mengatasi penyakit kulit. Menurutnya, manfaat pengobatan hewan ini belum terbukti secara ilmiah, melainkan hanya berdasar pada penuturan orang-orang saja.

"Itu tidak terbukti. Meskipun saya belum tahu juga apakah sekarang orang awam masih banyak yang melakukannya. Sampai sekarang di Indonesia memang pengobatan tradisional seperti itu belum banyak studinya, hanya coba-coba saja," terang dr. Eddy (13/9).

Lebih lanjut lagi, dr Eddy menjelaskan bahwa untuk mengobati sakit kulit atau gatal-gatal, sebaiknya menggunakan obat atau pelembab kulit yang kini sudah banyak tersedia.

Viral Warung Jual Tokek Geprek, Ini 5 Klaim Khasiat Makan Daging TokekViral Warung Jual Tokek Geprek, Ini 5 Klaim Khasiat Makan Daging Tokek Foto: Getty Images/iStockphoto/Cavvy01

5. Tokek termahal di dunia

Tokek memiliki ukuran tubuh berbeda-beda. Umumnya, tokek dengan berat 200-300 gram dijual dengan harga kisaran Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu. Namun di Indonesia ditemukan tokek super besar yang kemudian diklaim sebagai tokek termahal di dunia.

Di Kalimantan ditemukan tokek dengan berat mencapai 64 kilogram dan terjual dengan harga Rp 179 Miliar. Adalah Andi Makkuraga Hidayat, warga Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yang bersedia membeli tokek seberat 64 kilogram ini.

Dari penampakan tokek ini memang terlihat sangat besar bahkan lebih mirip komodo namun bercak kulitnya khas tokek.



Simak Video "Bikin Laper: Enaknya Kulineran Malam Sambil Makan Bakmi Nyemek"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT