Viral Warung Jual Tokek Geprek, Ini 5 Klaim Khasiat Makan Daging Tokek

Devi Setya - detikFood Selasa, 14 Sep 2021 10:30 WIB
Viral Warung Jual Tokek Geprek, Ini 5 Klaim Khasiat Makan Daging Tokek Foto:tiktok Bobon Santoso

4. Mengobati penyakit kulit

Beberapa orang mengklaim sembuh dari masalah penyakit kulit setelah mengonsumsi tokek. Padahal secara klinis, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa daging tokek memiliki khasiat untuk kesehatan kulit.

Kepada detikcom, dokter spesialis kulit dan kelamin dari RS Cipto Mangunkusumo, Dr Eddy Karta, SpKK, menampik khasiat tokek untuk mengatasi penyakit kulit. Menurutnya, manfaat pengobatan hewan ini belum terbukti secara ilmiah, melainkan hanya berdasar pada penuturan orang-orang saja.

"Itu tidak terbukti. Meskipun saya belum tahu juga apakah sekarang orang awam masih banyak yang melakukannya. Sampai sekarang di Indonesia memang pengobatan tradisional seperti itu belum banyak studinya, hanya coba-coba saja," terang dr. Eddy (13/9).

Lebih lanjut lagi, dr Eddy menjelaskan bahwa untuk mengobati sakit kulit atau gatal-gatal, sebaiknya menggunakan obat atau pelembab kulit yang kini sudah banyak tersedia.

Viral Warung Jual Tokek Geprek, Ini 5 Klaim Khasiat Makan Daging TokekViral Warung Jual Tokek Geprek, Ini 5 Klaim Khasiat Makan Daging Tokek Foto: Getty Images/iStockphoto/Cavvy01

5. Tokek termahal di dunia

Tokek memiliki ukuran tubuh berbeda-beda. Umumnya, tokek dengan berat 200-300 gram dijual dengan harga kisaran Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu. Namun di Indonesia ditemukan tokek super besar yang kemudian diklaim sebagai tokek termahal di dunia.

Di Kalimantan ditemukan tokek dengan berat mencapai 64 kilogram dan terjual dengan harga Rp 179 Miliar. Adalah Andi Makkuraga Hidayat, warga Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yang bersedia membeli tokek seberat 64 kilogram ini.

Dari penampakan tokek ini memang terlihat sangat besar bahkan lebih mirip komodo namun bercak kulitnya khas tokek.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Laper: Jajal Sambal Gami di Tanah Malang"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com