Viral Warung Jual Tokek Geprek, Ini 5 Klaim Khasiat Makan Daging Tokek

Devi Setya - detikFood Selasa, 14 Sep 2021 10:30 WIB
Viral Warung Jual Tokek Geprek, Ini 5 Klaim Khasiat Makan Daging Tokek Foto:tiktok Bobon Santoso

2. Obat HIV/AIDS

Mitos lain yang berkembang terkait tokek adalah bagian lidahnya diyakini bisa menjadi obat HIV/AIDS. Mengkonsumsi lidah tokek dengan berat minimal 3 ons diyakini bisa menyembuhkan HIV/AIDS meskipun sampai saat ini belum ada penelitian terkait.

Selain bagian lidahnya, empedu tokek juga dipercaya memiliki khasiat yang sama. Secara medis khasiat dari tokek untuk menyembuhkan penyakit AIDS memang masih belum terbukti secara ilmiah. Data dari WHO sejauh ini juga menyebutkan belum ditemukan obat khusus untuk mengobati AIDS.

3. Mengobati Asma

Dilansir dari News Info (14/9) menurut Departemen Kesehatan Filipina, manfaat tokek dalam proses pengobatan penyakit asma hanyalah mitos belaka. Bahkan secara tegas tokek dilarang untuk dijadikan obat untuk asma ataupun penyakit pernapasan lainnya.

Hingga saat ini belum ditemukan bukti ilmiah yang mendukung bahwa tokek dapat menyembuhkan penyakit asma. Oleh karena itu, penderita asma diharapkan melakukan perawatan medis yang diberikan dokter daripada harus mengikuti mitos mengkonsumsi tokek.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Santai Minum Coffee Moctail dengan Iringan Musik Jazz di Depok"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com