5 Cara Membedakan Daging Anjing dan Daging Sapi Supaya Tak Tertipu

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 11 Sep 2021 13:30 WIB
5 Cara Membedakan Daging Anjing dan Daging Sapi Supaya Tak Tertipu Foto: iStock

2. Ciri Tekstur

Daging sapi memiliki tekstur yang kenyal tetapi cenderung empuk. Saat mentah, daging sapi segar yang disentuh atau ditekan akan cepat kembali pada bentuknya yang semula.

Walaupun punya tekstur yang kenyal, tetapi daging sapi akan lebih mudah empuk saat dimasak. Sedangkan untuk tekstur daging anjing berbeda dengan ciri-ciri tekstur yang dimiliki daging sapi yang sudah disebutkan.

Daging anjing memiliki tekstur yang lebih kenyal dan keras. Daging anjing juga cenderung lebih berotot karena pada saat hidup anjing cenderung lebih aktif dan banyak bergerak dibandingkan dengan sapi. Setelah dimasak sekalipun daging anjing akan tetap kenyal cenderung alot sehingga waktu pemasakannya akan cukup lama.

3. Aroma

5 Cara Membedakan Daging Anjing dan Daging Sapi Supaya Tak Tertipu5 Cara Membedakan Daging Anjing dan Daging Sapi Supaya Tak Tertipu Foto: iStock

Daging sapi yang masih segar memiliki ciri khas aroma yang tidak terlalu bau amis dan aromanya tidak menyengat. Bau amis pada daging sapi hilang bersamaan dengan mengalirnya seluruh darah pada tubuh sapi pada saat penyembelihan sehingga tidak ada darah yang tersimpan pada daging sapi dan membuatnya memiliki bau amis.

Aroma pada daging sapi saat dimasak juga sangat mudah hilang setelah diberi sedikit bumbu atau rempah. Namun ciri khas aroma sebaliknya dimiliki oleh daging anjing.

Pada daging anjing yang segar sekalipun baunya akan sangat amis dan cukup tajam. Berbeda dengan daging sapi yang tak memerlukan banyak bumbu untuk mengatasi baunya, untuk memasak daging anjing dan menghilangkan baunya yang tajam dibutuhkan sangat banyak bumbu seperti serai, jahe, bawang merah hingga beberapa rempah lainnya untuk mengatasi baunya yang sangat tajam.

4. Harga

Jika dibandingkan antara daging sapi dan daging anjing berdasarkan harganya, per kilo daging sapi tentunya akan lebih mahal dibandingkan dengan daging anjing. Daging anjing bahkan mungkin saja dijual dengan harga hingga hampir separuh dari harga daging sapi.

Untuk satu kilogram daging sapi biasanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp120 ribu. Harga tersebut juga sangat fluktuatif dan juga ditentukan berdasarkan bagian-bagian tubuh sapi yang diambil dagingnya.

Sedangkan untuk daging anjing biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp 60 ribu per kilogram. Berbeda dengan daging sapi yang biasanya sudah dipisahkan antara daging dan tulangnya, daging anjing lebih banyak dijual dalam bentuk yang masih melekat dengan tulang-tulangnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com