Stephen King Tanya Peralatan Dapur Jadul di Twitter, Jawabannya Ada Cobek dan Ulekan!

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 10 Sep 2021 12:00 WIB
Stephen King Tanya Peralatan Dapur Jadul di Twitter, Jawabannya Ada Cobek dan Ulekan! Foto: Twitter
Jakarta -

Penulis buku horor terkenal, Stephen King, iseng melemparkan pertanyaan di twitternya, seputar peralatan dapur yang paling jadul. Jawaban netizen pengikutnya beragam.

Sukses dengan karirnya sebagai penulis buku horor dan supranatural ini ternyata juga tertarik dengan peralatan jadul. Terutama peralatan masak yang ada di dapurnya.

Lewat Twitter resminya @StephenKing (03/09), penulis berusia 73 tahun tersebut bertanya ke penggemarnya dan netizen tentang benda atau peralatan dapur yang paling kuno dan jadul di rumah mereka.

DUNDALK, MD - NOVEMBER 11:  Stephen King promotes DUNDALK, MD - NOVEMBER 11: Stephen King promotes "Under The Dome" at the North Point Boulevard Walmart on November 11, 2009 in Dundalk, Maryland. (Photo by Larry French/Getty Images) Foto: Getty Images

"Apa benda atau peralatan tertua yang ada di dapur kalian, yang masih kalian gunakan? Kalau saya, saya masih menggunakan pisau Ron Popeil dari tahun 1972. Masih berfungsi dengan baik. Desainnya benar-benar era 70-an, pakai gagang plastik berwarna oranye," tulisnya.

Baca Juga: Bikin Kantong Jebol, Belanja 5 Peralatan Dapur Mahal Ini Harganya Bikin Nyesek


Tak perlu waktu lama, untuk mendapatkan jawaban beragam dari netizen dan penggemarnya yang antusias menunjukkan peralatan dapur mereka yang jadul.

"Wow pertanyaan ini membuat saya bahagia. Karena bisa nostalgia! Saya punya tempat garam, dari gelas kaca. Di dalamnya saya taruh gula cinnamon. Ini milik nenek saya, dan saya saja usianya sudah 68 tahun, jadi entah sudah berapa puluh tahun tempat garam ini," komen @mydiant**.

"Ini koleksi piring antik punya nenek saya, dia mulai mengumpulkannya di tahun 1948 kemudian diturunkan ke saya ketika saya berusia 2 tahun. Karena jumlahnya banyak, saya jadi jarang menggunakannya. Tapi sampai sekarang saya menggunakan piring kecil untuk menaruh butter," kenang @ishigo**.

"Ini benda paling jadul di dapur saya. Panci dari aluminum, masih berfungsi dengan baik meski usianya sudah mencapai 87 tahun," pamer @k_fernh**.

Stephen King Tanya Peralatan Dapur Jadul di Twitter, Jawabannya Ada Cobek dan Ulekan!Stephen King Tanya Peralatan Dapur Jadul di Twitter, Jawabannya Ada Cobek dan Ulekan! Foto: Twitter

Tak hanya peralatan masak jadul yang menarik perhatian. Bahkan salah satu penggemarnya ada yang mengunggah koleksi cobek dan ulekan miliknya yang dibuat dari batu lava.

"Nenek buyut saya punya Molcajete, bagi yang tidak tahu ini adalah wadah batu lava yang digunakan untuk menghaluskan bumbu dan makanan. Beliau mewariskannya ke nenek saya, lalu ke ibu saya, dan diwariskan ke saya," tulis @petun***.

Selain ulekan dan cobekan yang jadul, ada juga netizen @tompost**, yang membagikan kisah wajan penggorengannya yang sudah digunakan sejak tahun 1893.

Stephen King Tanya Peralatan Dapur Jadul di Twitter, Jawabannya Ada Cobek dan Ulekan!Stephen King Tanya Peralatan Dapur Jadul di Twitter, Jawabannya Ada Cobek dan Ulekan! Foto: Twitter

"Keluarga kami punya penggorengan kecil, dan menurut kisah turun temurun di keluarga kami. Wajan ini berasal dari Chicago, tapi dikirim dari Quebec pada musim dingin. Kira-kira tahun 1893, dan nenek saya masih berusia 3 tahun saat itu. Sampai sekarang wajan ini masih kita gunakan," pungkas Tom.

Tanpa disangka pertanyaan sederhana dari Stephen King ini berhasil membangkitkan rasa nostalgia, dan rasa rindu orang-orang pada benda bersejarah milik mereka di dapur.

Bahkan banyak orang yang mulai rajin mencari benda kuno apa yang berada di dapur mereka, untuk mereka gunakan saat masak atau menyiapkan makanan.

Baca Juga: Berbagai Alat Dapur Unik dan Canggih yang Bikin Masak Lebih Praktis



Simak Video "Bikin Laper: Cita Rasa Iga Bakar Sapi Kuah di Soto Ludi"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com