5 Fakta Bulus, Diolah Jadi Sup Lezat dan Mengencangkan Payudara

Riska Fitria - detikFood Rabu, 08 Sep 2021 18:30 WIB
5 Fakta Bulus, Diolah Jadi Sup Lezat dan Mengencangkan Payudara Foto: iStock
Jakarta -

Warga Klaten, Jawa Tengah digegerkan dengan penemuan bulus di terowongan kuno. Lantas apakah bulus tersebut dan dapatkah dikonsumsi? Ini fakta menarik tentang bulus.

Temuan bulus seberat 20 kilogram di terowongan di Dukuh Samber, Desa Sabranglor, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah berawal dari Kades Sabranglor, Budi Andriyanto yang ingin merelokasi kawasan tersebut.

Saat itu, pihak kades tersebut menemukan bangunan kuno seperti saluran air. Banyak yang menduga bahwa terowongan tersebut sudah sejak lama dan merupakan peninggalan Belanda.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, warga menemukan ikan toman raksasa dan juga bulus. Karena itulah banyak yang penasaran dengan bulus. Ternyata hewan tersebut dapat dikonsumsi dan memiliki banyak manfaat.

Berikut 5 fakta menarik tentang bulus:

1. Apa Itu Bulus?

5 Fakta Bulus, Diolah Jadi Sup Lezat dan Mengencangkan Payudara5 Fakta Bulus, Diolah Jadi Sup Lezat dan Mengencangkan Payudara Foto: iStock

Bulus atau disebut juga labi-labi merupakan hewan sejenis kura-kura bercangkang lunak. Hewan yang juga dikenal dengan sebutan penyu air tawar ini berasal dari anggota suku Trionychidae.

Bulus memiliki cangkang yang lunak, karena sebagian perisainya terdiri dari tulang rawan dan tempurung punggungnya dilapisi dengan kulit yang tebal yang licin.

Dikutip dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, bulus suka tinggal perairan yang terdapat banyak hewan air dan tumbuhan air karena hal tersebut merupakan sumber makanan bagi bulus.

Di Indonesia sendiri, bulus dikenal dengan berbagai sebutan yang berbeda-beda di setiap daerahnya. Seperti di Jawa Barat dikenal dengan sebutan kuya, di Kalimantan disebut bidawang dan lainnya.

2. Bulus dapat Diolah Jadi Makanan Lewat

5 Fakta Bulus, Diolah Jadi Sup Lezat dan Mengencangkan Payudara5 Fakta Bulus, Diolah Jadi Sup Lezat dan Mengencangkan Payudara Foto: iStock

Bulus dapat diolah menjadi makanan lezat. Itu karena bulus dipercaya memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. Di Indonesia permintaan bulus sebagai makanan cukup tinggi di beberapa daerah.

Seperti di Jakarta, Kalimantan Timur dan kalimantan Barat. Biasanya olahan bulus banyak ditawarkan di rumah makan, warung dan restoran. Bukan hanya di Indonesia, di Jepang bulus biasa diolah menjadi sup.

Dikenal dengan nama Pih O, sup kuah bening berisi potongan daging bulus juga mengandung nutrisi. Di dalamnya menyimpan kalsum, vitamin A, B1, B2, dan B6, fosfor dan zinc. Harga sup bulus cukup mahal.

Baca Juga: Penampakan Bulus 20 Kg yang Ditemukan di Terowongan Kuno Klaten

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com