Eks Peserta IMB, Cak Mat 'Klantink' Kini Sukses Jualan Kerak Telor di Surabaya

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 06 Sep 2021 16:30 WIB
Eks Peserta IMB, Cak Mat Klantink Kini Sukses Jualan Kerak Telor di Surabaya
Foto: Instagram/cakmat_klantink - Istimewa

Cak Mat cukup cermat membagi waktu antara kesibukannya dengan Klantink sambil menjalankan bisnis kerak telornya ini. Cak Mat bahkan langsung turun tangan untuk membuat dan menyajikan kerak telor untuk para pelanggannya. Hal tersebut dilakukan oleh Cak Mat bertujuan untuk menjaga kualitas rasa kerak telor agar tidak berubah kelezatannya.

"Awalnya sama adik saya, Lukin, tapi kalau Lukin sering buka di bazar-bazar pakai karyawan. Kalo saya nggak mau. Saya mau jaga rasa kerak telornya biar nggak berubah. Jadi semuanya saya yang bikin sendiri, saya masak sendiri," kata Cak Mat.

Eks Peserta IMB, Cak Mat 'Klantink' Kini Sukses Jualan Kerak Telor di SurabayaEks Peserta IMB, Cak Mat 'Klantink' Kini Sukses Jualan Kerak Telor di Surabaya Foto: Instagram/cakmat_klantink - Istimewa

Mematok harga yang cukup terjangkau yaitu Rp15 ribu untuk telur ayam dan Rp20 ribu untuk telur bebek, kerak telor Cak Mat ini punya banyak
penggemar. Walaupun dengan harga yang relatif murah, Cak Mat juga tidak pelit untuk memberikan pilihan rasa kepada pelanggannya. Ada rasa original, barbeque, balado serta mix atau campuran.

"Ya nggak apa-apa lah untungnya tipis yang penting banyak pelanggan yang percaya sama rasa kerak telor saya. Kalo biasanya orang-orang
harganya dibeda-bedain kalo saya flat aja buat semua rasa-rasanya. Bebas pilih," kata Cak Mat.

Bisa menjual hingga 50 porsi setiap harinya, Cak Mat mengakui jumlah kerak telor yang disiapkannya ini seringkali kurang. Saat malam hari, banyak pelanggannya yang harus kehabisan kerak telor. Saking larisnya, Cak Mat mengatakan setiap hari dirinya bisa meraup keuntungan bersih mulai dari Rp200 ribu hingga Rp400 ribu.

"Tapi keuntungannya nggak sama terus. Kalo lagi ada jadwal 'ngamen' jalan-jalan ke luar kota ya tutup, karena nggak ada saya yang buat kerak telornya. Kalo lagi ada jadwal gitu juga pelanggan saya suka tanya lewat WhatsApp "Cak, hari ini jualan nggak?"," kata Cak Mat.

Eks Peserta IMB, Cak Mat 'Klantink' Kini Sukses Jualan Kerak Telor di SurabayaEks Peserta IMB, Cak Mat 'Klantink' Kini Sukses Jualan Kerak Telor di Surabaya Foto: Instagram/cakmat_klantink - Istimewa

Cak Mat begitu mensyukuri keberhasilan bisnisnya tersebut. Berawal dari rasa penasarannya untuk bisa membuat kerak telor, ia tidak menyangka bahwa ia bisa sukses berbisnis bahkan mendapat pemasukan lebih untuk keluarganya.

Usaha kerak telor Cak Mat ini juga diakui sangat membantunya terutama pada masa pandemi yang cukup sulit untuk melakukan konser dimana-mana. Bermodal belajar dari seorang pedagang kerak telor kaki lima di kawasan Kota Tua, siapa sangka Cak Mat kini sukses jualan kerak telor.

Baca juga: Anji hingga Muzdalifah, Artis yang Jualan Bebek Goreng



Simak Video "4 Kuliner Khas Betawi yang Ada di PRJ 2022"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)