Viral Trik Pakai Blender yang Benar Agar Rasa Makanan Lebih Enak

Sonia Basoni - detikFood Senin, 06 Sep 2021 08:00 WIB
Cara Membersihkan Blender Hanya dalam 30 Detik, Coba Yuk! Foto: Getty Images/iStockphoto/Viorika
Jakarta -

Blender sering dipakai untuk menghaluskan bumbudan bahan makanan . Rupanya banyak orang yang belum tahu dengan fungsi blender. Kini viral cara untuk menggunakan blender yang benar dan efektif.

Fungsi blender tak hanya untuk membuat jus saja, kini juga berfungsi sebagai penghalus makanan yang berguna untuk masak. Tapi tak semua orang tahu cara menggunakan blender yang benar.

Dilansir dari DailyMail UK (31/08), menurut buku The Blender Girl tol Eat This Not That! karangan Tess Masters. Untuk menyempurnakan penggunaan blender, baiknya mulai memasukkan bahan makanan dari yang teksturnya tepung dulu. Sehingga tidak menempel atau lengket di permukaan blender terutama bagian tutupnya.

Baca Juga: Ini Cara Praktis Hilangkan Aroma Tak Sedap pada Kotak Makan

Setelah bahan-bahan bubuk dimasukkan, bisa tambahkan bahan makanan yang teksturnya lembut. Contohnya pisang atau mentimun, terakhir masukkan bahan makanan yang paling keras dan kokoh. Seperti buah-buahan beku atau sayuran mentah yang telah dipotong.

Menurut Tess, makanan yang paling terakhir dimasukkan ke blender seharusnya memang yang paling keras dan kokoh dibandingkan makanan yang di bagian bawah. Karena bahan makanan yang paling ringan akan jauh lebih mudah dicampur dengan bahan makanan yang keras, ketika dipotong-potong oleh pisau blender.

Woman making a healthy smoothie on a blender.blender. Foto: iStock

Tips ini kemudian viral, setelah seorang pengguna TikTok bernama Jessica membagikan tips yang sama dalam menggunakan blender. Di mana ia berhasil menghaluskan semua bahan makanan dalam hitungan detik, tanpa kesulitan memegang blender agar makanannya tidak berhamburan.

Bahkan video Jessica pakai blender ini ditonton lebih dari 6,3 juta kali. Ia juga menambahkan tips mencuci blender, yang lebih mudah jika dibasuh dengan air hangat, agar sisa-sisa bumbu dan bahan makanan yang menempel di sela pisau blender bisa bersih.

Menurutnya membersihkan blender juga penting seperti menggunakannya. Cukup tuangkan air hangat, lalu tekan tombol blender dan biarkan pisau blender berputar selama 30-60 detik untuk memastikan semua noda terbilas sempurna.

Meskipun cara pemakaian dan pembersihan ini mudah. Banyak juga yang memuji cara ini karena memudahkan mereka menggunakan blender, tanpa harus repot membersihkannya atau menghaluskan bahan-bahan makanan.

"Benar-benar cara yang mudah, mengikuti aturan komposisi bahan ini membuat bahan makanan lebih mudah dihaluskan dalam blender," komen salah satu netizen.

"Kalau caranya seperti ini berarti saya yang salah menggunakan blender selama ini," sambung netizen.

Cara Membersihkan Blender Hanya dalam 30 Detik, Coba Yuk!Cara Membersihkan Blender Hanya dalam 30 Detik, Coba Yuk! Foto: Getty Images/iStockphoto/Viorika

"Pantas, kalau kita taruh komponen makanan yang keras di bagian paling bawah, hasilnya malah tidak terlalu halus dan bumbu bagian atas malah tidak merata dengan sempurna," tulis netizen lainnya.

Tak hanya blender banyak cara tutorial tentang makanan di TikTok dan Instagram yang berguna di kehidupan sehari-hari. Mulai dari cara mengupas buah manggis, sampai cara membersihkan wadah makanan yang kotor dan berminyak dengan mudah.

Baca Juga: Viral Cara Tradisional Buka Buah Manggis,Lebih Praktis dan Mudah!



Simak Video "Bikin Laper: Gurih Nikmat Bakso dengan Irisan Daging"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com