Sedih! Penjual Kerupuk Tunanetra Ini Diberi Nasi Basi dan Tulang Ayam

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 02 Sep 2021 19:00 WIB
Sedih! Penjual Kerupuk Tunanetra Ini Diberi Nasi Basi dan Tulang Ayam Foto: TikTok/shooky181
Jakarta -

Tidak bisa melihat bukan berarti penyandang tunanetra pantas diperlakukan tak baik. Seorang pedagang tunanetra diberi makanan sisa isi tulang ayam oleh orang tak dikenal yang begitu tega!

Penyandang tunanetra tidak memiliki penglihatan yang normal untuk membantu mereka mengetahui apa yang ada di hadapannya, di sekitarnya, hingga barang-barang yang mereka terima. Tetapi hal ini bukan berarti orang lain boleh bertindak seenaknya dengan memberi perlakuan tak sopan kepada mereka.

Berjalan kaki hingga belasan kilometer banyak dilakukan oleh penyandang tunanetra untuk menjajakan makanan yang dijual maupun menawarkan jasa yang bisa dilakukannya. Sayangnya sepanjang perjalanan mencari nafkah tersebut tidak sedikit orang-orang yang kerap usil dan mengganggu penyandang tunanetra.

Hal ini juga terjadi pada salah seorang penyandang tunanetra yang tinggal di kawasan Setu, Bekasi. Menerima makanan dari orang yang tidak dikenal, ternyata isi makanan tersebut hanya makanan sisa yang bahkan tak layak makan.

Sedih! Penjual Kerupuk Tunanetra Ini Diberi Nasi Basi dan Tulang AyamSedih! Penjual Kerupuk Tunanetra Ini Diberi Nasi Basi dan Tulang Ayam Foto: TikTok/shooky181

Mengutip akun TikTok @shooky181 (29/8), seorang warganet bernama Tasya membagikan hal menyedihkan yang dialami oleh calon suaminya, Rizal. Rizal yang saat itu pulang setelah berjualan kerupuk membawa dua buah kotak makanan dan langsung minta disiapkan makanannya oleh Tasya.

Baca juga: Miris! Kakek Ini Pungut Sisa Makanan dari Tempat Sampah

Setelah makanan tersebut dibuka, Tasya justru terkejut melihat isi di dalamnya. Salah satu kotaknya berisi nasi yang sudah basah dan berlendir dengan tulang ayam bekas. Sedangkan pada kotak lainnya berisi nasi yang sudah basah dan berlendir dengan kondisi ayam goreng yang sudah terkelupas kulitnya, seperti sudah dimakan sebagian.

"Mas Rizal juga sedih awalnya. Dia gak percaya. Terus aku kasih pegang tulang itu. Baru dia percaya... Itu yang ayamnya masih utuh juga kita gak tau kalau bagian bawahnya sudah rusak," kata Tasya kepada detikcom (2/9).

Tasya menuturkan bahwa sebelumnya Rizal bercerita ada seorang pengendara motor yang menyambanginya saat Rizal dan Rifki, temannya, sedang berjalan kaki dari Goren hingga Rawa Julung. Pengendara motor tersebut kemudian memberikan sekantong makanan untuk Rizal dan Rifki.

Sedih! Penjual Kerupuk Tunanetra Ini Diberi Nasi Basi dan Tulang AyamSedih! Penjual Kerupuk Tunanetra Ini Diberi Nasi Basi dan Tulang Ayam Foto: TikTok/shooky181

Rizal dan Rifki yang tak mengetahui isi kotak makanan tersebut pun begitu gembira. Keduanya sama sekali tidak menyangka kalau makanan yang mereka terima justru sampah sisa makanan.

Video unggahan Tasya seketika viral bahkan dilihat lebih dari 2,7 juta kali oleh pengguna TikTok. Banyak komentar yang mengungkapkan kesedihannya melihat ada orang yang tega melakukan hal tersebut kepada penyandang tunanetra.

"Ya Allah sakit hati banget liatnya," tulis akun @yuwanitacs.

Untuk menghibur Rizal yang lapar dan kelelahan, Tasya akhirnya mengajak Rizal untuk makan di warung pecel lele terdekat. Namun tidak disangka ternyata banyak orang baik yang melihat unggahan Tasya.

Di keesokan harinya, Tasya menerima banyak kiriman makanan ayam goreng sebagai pengganti ayam goreng sisa yang sebelumnya diterima Rizal. Tasya sangat tidak menyangka bahwa masih banyak orang yang peduli dengan dirinya dan Rizal.

"Kemarin ada orang baik yang kirim pesan (DM) minta alamat dan kirimin makanan. Terimakasih ya buat kakak baik yang kirimin kita makanan," ujar Tasya dalam video.

Baca juga: Viral Prank 'Makanan' Sampah Ferdian Paleka , Ini 5 Aksi Prank Kontroversi Lainnya



Simak Video "BTS Meal Hadirkan 2 Saus Spesial"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/dfl)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com