7 Gangguan Pola Makan Paling Aneh, Makan Sabun hingga Kotoran Manusia!

Diah Afrilian - detikFood Senin, 30 Agu 2021 15:30 WIB
7 Gangguan Pola Makan Paling Aneh, Makan Sabun hingga Kotoran Manusia! Foto: iStock
Jakarta -

Gangguan makan dialami beberapa orang di dunia ini. Mereka mengalami gangguan makan yang cukup aneh, bahkan bikin geleng-geleng kepala karena pola konsumsinya!

Kelainan atau gangguan tidak jarang terjadi bahkan menjadi penyakit bawaan beberapa orang. Termasuk salah satunya kelainan pola makan yang cukup aneh dan ekstrem. Lebih dari sekadar alergi, kelainan pola makan ini bisa memengaruhi kesehatan pengidapnya.

Gangguan pola makan ini bisa terlihat melalui pemilihan jenis makanan, kebiasaan makan, hingga cara mengunyah dan menelan makanan. Bahkan orang-orang yang mengidap gangguan pola makan ini bisa saja menginginkan untuk makan makanan yang tidak lazim untuk dimakan.

Mulai dari benda-benda keras, bagian tumbuhan yang seharusnya tidak dimakan, hingga obsesi untuk hanya mengonsumsi bahan-bahan makanan tertentu. Gangguan pola makan sangat bermacam-macam jenisnya di dunia. Bahkan beberapa gangguan pola makanan bisa bikin kamu geleng-geleng kepala.

Berikut ini 7 gangguan pola makan paling aneh di dunia:

7 Gangguan Pola Makan Paling Aneh, Makan Sabun hingga Kotoran Manusia!7 Gangguan Pola Makan Paling Aneh, Makan Sabun hingga Kotoran Manusia! Foto: iStock

1. Binge-eating Disorder

Jika biasanya kelainan makanan identik dengan tidak mau makan, memuntahkan makanan atau hanya memilih makanan, tetapi kelainan yang satu ini sungguh berbeda. Pengidap kelainan binge-eating disorder ini justru akan melakukan hal sebaliknya.

Pengidap binge-eating disorder cenderung makan makanan dalam jumlah banyak dan sangat cepat. Ketika suatu makanan sudah habis mereka akan terus melanjutkan mengonsumsi makanan yang lain. Penyebab dari kelainan ini dikatakan bisa dipengaruhi oleh perasaan malu, stres atau rasa bersalah ketika makan.

2. Orthorexia

Makan sehat pasti dinilai sehat tetapi bagaimana jika seseorang tak mau makanan lain selain makanan sehat? Kelainan ini diistilahkan sebagai orthorexia dimana seseorang hanya ingin mengonsumsi makanan sehat saja.

Pengidap orthorexia ini akan sangat pemilih karena makanan yang harus masuk ke tubuhnya hanya makanan yang benar-benar sehat saja. Kekhawatiran kelainan ini muncul pada kebiasaan pemilih pengidapnya yang jika suasana seketika akan berubah mereka ditakutkan akan mengalami stres berat.

Baca juga: Tinggal Tulang dan Kulit, 5 Kasus Gangguan Makan Anoreksia Ini Bikin Ngeri

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com