5 Olahan Babi khas China yang Populer, Ada Sekba dan Hong Bak

Riska Fitria - detikFood Senin, 30 Agu 2021 13:00 WIB
5 Olahan Babi khas China yang Populer, Ada Sekba dan Hong Bak Foto: iStock

3. Char Siew

5 Olahan Babi khas China yang Populer, Ada Sekba dan Hong Bak5 Olahan Babi khas China yang Populer, Ada Sekba dan Hong Bak Foto: iStock

China juga memiliki kuliner babi panggang. Kuliner tersebut dikenal dengan sebutan charsiew atau charsiu. Namun, ada juga yang menyebut kuliner inibarbeque manis.

Babi panggang ini diolah dengan bumbu merah khas Canton. Babinya dipanggang hingga kering dalam bentuk potongan. Ada yang dijual utuh dan ada juga dipotong tipis-tipis.

Biasanya char siew sering menjadi lauk wajib nasi campur. Char siew memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit manis. Balutan rempah yang khas membuat aromanya harum.

4. Hong Bak

5 Olahan Babi khas China yang Populer, Ada Sekba dan Hong Bak5 Olahan Babi khas China yang Populer, Ada Sekba dan Hong Bak Foto: iStock

Hong bak merupakan kuliner berupa babi kecap yang menjadi salah satu makanan favorit orang China. Bagian daging babi yang digunakan adalah samcan, daging babi bagian lemak atau disebut pork belly.

Biasanya rasa hong bak di setiap tempat berbeda-beda. Itu karena kualitas rasanya tergantung dari penggunaan bahan, cara mengolah cara menyajikannya. Cara membuat hong bak juga terkenal mudah.

Cukup menumis bawang putih, lalu masukkan daging babi yang sudahdimarinasi. Tambahkan kecap asin, kecap manis, garam, gula dan penyedap rasa. Lalu tambahkan air secukupnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak 1 Ekor"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com