Serba Ular! 5 Hidangan Ular Ini Jadi Favorit Orang di Dunia

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 27 Agu 2021 18:33 WIB
Serba Ular! 5 Hidangan Ular Ini Jadi Favorit Orang di Dunia Foto: Site News
Jakarta -

Cukup ekstrem dan bikin orang takut menyantapnya. Namun di beberapa negara, ular justru jadi makanan favorit yang dianggap memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk tubuh.

Dianggap sebagai hewan buas, ular yang masih berbisa bisa membahayakan nyawa manusia. Namun hal itu tidak menyurutkan orang-orang untuk berhenti mengonsumsi hidangan yang satu ini.

Ada berbagai hidangan yang diolah dari daging ular dan diminati banyak orang. Contohnya seperti sup ular di China, makanan populer satu ini biasanya dicampur dengan berbagai bahan tambahan.

Kemudian ada juga restoran di Jakarta, yang spesial menyajikan aneka hidangan dari ular kobra. Mulai dari sop, ular kobra bakar atau goreng, sampai dimasak jadi sate.

Berikut lima hidangan dari daging ular yang tersohor dan banyak penggemarnya di berbagai negara.

Baca Juga: Berani Coba? 5 Makanan Ekstrem Ini Cuma Ada di Indonesia


1. Sate Ular

Serba Ular! 5 Hidangan Ular Ini Jadi Favorit Orang di DuniaSerba Ular! 5 Hidangan Ular Ini Jadi Favorit Orang di Dunia Foto: Site News

Jika biasanya sate menggunakan daging ayam atau sapi. Berbeda dengan restoran King Cobra yang ada di Mangga Besar, sesuai namanya restoran satu ni fokus menyajikan menu spesial dari daging kobra untuk penggemar kuliner ekstrem.

Walau menunya menyeramkan, tapi restoran ini sudah berdiri sejak tahun 1965 lamanya. Beberapa menu yang ditawarkan juga langka dan tak bisa ditemukan di restoran lainnya.

Seperti daging ular kobra yang diolah menjadi sop kuah bening. Kemudian ada juga ular kobra yang dipotong kecil-kecil kemudian digoreng atau dibakar. Kalau penasaran, bisa juga pesan sate kobra yang teksturnya kenyal dan empuk.

2. Se Gang

Restoran sup ular di hongkongRestoran sup ular di hongkong Foto: Istimewa

Se Gang merupakan kuliner khas China yang sudah ada sejak dulu. Nama Se Gang dikenal juga sebagai sop ular khas Kanton, yang tak hanya menggunakan daging ular saja sebagai bahan utamanya.

Biasanya Se Gang dicampur dengan tulang babi, potongan ayam dan berbagai rempah untuk menghasilkan kuah kaldu yang kuat. Makanan ini sangat digemari di Hong Kong, terutama saat musim dingin karena efeknya yang menghangatkan.

Agar tidak amis, sop juga ditambahkan dengan potongan jahe, jamur, serai, dan beberapa irisan cabe atau bubuk cabe. Menurut banyak orang rasa Se Gang ini mirip seperti sop ayam rebus yang empuk.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Berani Jajal Kue Cacing Ini?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com